Akun Dukungan 02 Diretas, Peringatan Pengalaman Tangkap Admin

Berita  SELASA, 16 APRIL 2019 | 17:10 WIB

Akun Dukungan 02 Diretas, Peringatan Pengalaman Tangkap Admin

ilustrasi/foto net.

MoeslimChoice | Peretasan pada akun media sosial Jelang Pemilu 17 April semakin marak terjadi. Sebut saja baru-baru ini akun media sosial (medsos) milik mantan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Muhammad Said Didu diretas atau dibajak.

Sebelumnya peretasan juga terjadi pada akun medsos tokoh-tokoh lainnya, seperti akun JS Prabowo, Ferdinand Hutahaean, Ustad Abdul Somad (UAS), dan Haikal Hassan yang mana mereka adalah pendukung capres 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Hal tersebut menurut Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC sangat prihatin.

Pratama berharap pihak Cybercrime Polri bersama Kominfo dan pihak terkait lainnya harus segera menelusuri kejadian tersebut. Karena apabila tidak mendapat perhatian dari aparat, dikhawatirkan isunya akan melebar ke mana-mana.

"Bila ditarik ke sisi politik akan merugikan pihak 01 juga 02, tetapi lebih berbahaya lagi kejadian ini dapat memanaskan situasi di tengah masyarakat. Apalagi seperti di akun Said Didu, pasca diretas lalu diposting sebuah hoax terkait UAS," kata Pratama dalam keterangannya, Selasa, 16/4/19.

"Ini imbasnya besar dan sudah sangat ramai di media sosial," sambung Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC itu seperti di muat kantor berita politik RMOL. Paling tidak, lanjut Pratama, ini adalah momen di mana keamanan siber ternyata begitu sangat penting.

Cybercrime Polri harus berkolaborasi dengan Kominfo, BSSN dan juga penyedia platform untuk mengejar pelaku.


Komentar Pembaca