Anak Santoso Ikuti Jejak Bapaknya Bergabung dengan Kelompok MIT

Daerah  JUMAT, 15 FEBRUARI 2019 | 01:00 WIB

Anak Santoso Ikuti Jejak Bapaknya Bergabung dengan Kelompok MIT

Moeslimchoice - Anak pimpinan teroris Almarhum Santoso meneruskan perjuangan sang ayah dengan bergabung ke dalam kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora.

"Satgas berghasil mengidentifikasi satu orang DPO lagi yang ikut bergabung ke kelompok Ali Kalora, yaitu anak kandung Santoso," kata Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (14/2).

Namun begitu, satgas belum mengetahui persis bergabungnya anak Santoso apakah direkrut oleh Ali Kalora atau atas inisiatif sendiri.

"Ya antara direkrut dan inisiatif sendiri karena datang ke hutan (untuk bergabung)," kata Dedi.

MIT sendiri diambil alih Ali Kalora setelah Santoso tewas pada 2016 lalu dalam Operasi Tinombala. Informasi terbaru terdapat penambahan empat anggota sehingga total ada 14 orang.

Empat orang yang baru bergabung teridentifikasi berasal dari Banten dan Makassar, dan semuanya telah masuk daftar pencarian orang (DPO).

Keempat orang tersebut adalah Alvin, Jaka, Ramadan, dan Alqindi Mutaqien asal Banten, serta Andi Muhamad dari Makasar.

Polisi sebelumnya mengultimatum Ali Kalora dan kelompoknya untuk menyerahkan diri sebelum 29 Januari. Ultimatum salah satunya ditulis dalam selebaran yang disebarkan melalui udara di Pegunungan Biru, Sulawesi Tengah yang disinyalir sebagai tempat MIT melakukan gerilya.

Kelompok Ali Kalora mencuat ke publik setelah aksinya membunuh dan memutilasi warga di Desa Salubanga, Sausu, Parigi Moutong pada 31 Desember 2018. Diduga aksi tersebut untuk mengundang aparat keamanan datang ke lokasi. Mereka pun menembaki petugas kepolisian yang tengah mengevakuasi jasad korban mutilasi. 

Ali Kalora bersama kelompoknya melarikan diri ke wilayah pegunungan di perbatasan Parigi Moutong dan Poso. Hingga saat ini, pengejaran terhadap mantan anak buah Santoso alias Abu Wardah itu terus berlanjut.(Ang)


Komentar Pembaca