Begini Hukum Menggunakan Jasa Pawang Hujan Menurut Ustad Abdul Somad

INSPIRASI ISLAM  KAMIS, 01 NOVEMBER 2018 | 01:05 WIB

Begini Hukum Menggunakan Jasa Pawang Hujan Menurut Ustad Abdul Somad

Ustad Abdul Somad

MoeslimChoice I Memasuki akhir tahun sebagai wilayah di Indonesia mulai sering turun hujan. Bagi sebagian orang hujan bisa dipawang atau dicegah turunnya. 

Seperti pada acara pernikahan atau hajatan besar tak jarang tuan rumah mengundang pawang hujan. Dengan harapan hujan tidak turun, agar acaranya berjalan lancar. 

Hal ini pernah ditanya jamaah kepada Ustaz Abdul Somad (UAS) seperti dalam video akun youtube @Tafaqquh Video. 

"Saya orang kampung dan perantau. Saya mau bertanya di kampung saya kalau ada pernikahan atau acara lainnya, selalu mengundang pawang hujan. Bagaimana hukumnya?" tanya jamaah tersebut ke UAS lewat secarik kertas. 

Mendapat pertanyaan itu Ustaz Abdul Somad (UAS) langsung menjawab bahwa praktek itu haram. "Dia (pawang hujan) minta kepada jin. Minta kepada jin, setan itu hukumnya haram," tegas dosen di UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau. 

"Tetapi kalau dia meminta dengan berdoa, yang diajarkan nabi, lalu doanya dikabulkan Allah SWT, tidak masalah. Tetapi doa juga tidak ada jaminan langsung dikabulkan. Tetapi kalau dia minta bantuan jin, dan langsun tidak turun hujan. Maka hukumnya haram," sebut UAS yang bergelar Datuk Seri Ulama Setia Negara. 

Tanya jawab menarik lainnya bisa disimak di media sosial (Medsos) UAS baik yang di youtube atau instagram. Hanya saja sebaiknya tonton sampai tuntas agar tidak terjadi salah paham. (Ang)

 


Komentar Pembaca