Tokoh Lintas Agama Serukan Pemilu 2019 Damai dan Beradab

Pilkada  KAMIS, 27 SEPTEMBER 2018 | 19:04 WIB

Tokoh Lintas Agama Serukan Pemilu 2019 Damai dan Beradab

Pertemuan Tokoh Lintas Agama

MoeslimChoice|Para Tokoh Lintas Agama bertemu di Jalan Brawijaya VII Nomor 11, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (27/9).Mereka menyerukan terciptanya Pemilu 2019 yang terselenggara dengan damai.

Pada kesempatan ini, Din Syamsuddin wakil dari MUI, dan Tokoh Lintas Agama sepakat tempat ibadah tidak dijadikan mimbar kampanye politik.

"Kaitan agama dan politik itu tidak terelakkan, tapi memiliki etika dan moral. Berbicara tentang moralitas dari sudat pandangan agama, tempat ibadat tidak seharusnya jadi kampanye politik apalagi untuk mendukung seseorang," kata Din Syamsuddin.

Sementara itu, Ketum PGI, Henriette T Hutabarat Lebang mengatakan, pihaknya sudah menerbitkan surat edaran imbauan agar tempat ibadah bersih dari kegiatan kampanye.

"PGI dalam surat pastoral mengimbau semua gereja untuk tidak menjadikan rumah ibadah atau mimbar jadi ajang kampanye. Sebab pilihan politik jemaat beda. Kalau mimbar dijadikan sarana kampanye bisa jadi perpecahan," ujar Henriette.

Di pertemuan ini, para Tokoh Lintas Agama mengeluarkan delapan pesan disampaikan kepada masyarakat, pemerintah dan penyelenggara pemilu agar Pilpres dan Pileg mendatang tidak menimbulkan perpecahan.(dan)

Komentar Pembaca