Yang Ingin Puasa Sunah Asyura Besok, Ini Niatnya

Berita  RABU, 19 SEPTEMBER 2018 | 15:35 WIB | Melati Tagore

Yang Ingin Puasa Sunah Asyura Besok, Ini Niatnya

Foto/net

Moeslimchoice. Bulan pertama tahun Hijriah yaitu bulan Muharram merupakan bulan penuh keistimewaan bagi umat Muslim. Rasulullah SAW menyebutkan bahwa bulan Muharram merupakan bulan untuk memperbanyak ibadah, salah satunya adalah puasa. Dan dua puasa sunah yang ada di bulan Muharram sangatlah istimewa, yaitu puasa Tasu'a dan Asyura.

Puasa Tasu'a jatuh pada hari ini, Rabu (19/9) atau 9 Muharam 1440 Hijriah. Sedangkan puasa Asyura jatuh pada hari Kamis (20/9) besok atau 10 Muharram 1440 H.

Puasa Asyura merupakan puasa sunah yang dianjurkan pada bulan Muharram. Adapun keistimewaan puasa Asyura adalah mampu menghapuskan dosa setahun yang telah lalu.

Diriwayatkan Imam Muslim dari Abi Qatadah bahwa Rasulullah pernah ditanya oleh sahabat tentang puasa Asyura. 

"Puasa hari Asyura, saya berharap kepada Allah, puasa ini menghapuskan (dosa) setahun yang telah lewat." (HR. Muslim 1162).

"Sebaik-baik puasa setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram." (HR Muslim 1163).

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga bersabda: "Barangsiapa puasa tanggal 10 Muharram, maka mendapatkan pahala 10.000 malaikat, 10.000 orang yang haji dan umroh dan 10.000 orang yang mati syahid."

Adapun lafadh niat berpuasa Asyura sebagai berikut: 


نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatil âsyûrâ lillâhi ta‘âlâ.

("Aku berniat puasa sunah Asyura esok hari karena Allah SWT.")

Seperti dilansir Nu.or.id, orang yang mendadak di pagi hari ingin mengamalkan sunah puasa Tasu’a atau Asyura diperbolehkan berniat sejak ia berkehendak puasa sunah. Karena kewajiban niat di malam hari hanya berlaku untuk puasa wajib (menurut madzhab Syafi’i). Untuk puasa sunah, niat boleh dilakukan di siang hari sejauh yang bersangkutan belum makan, minum, dan hal-hal lain yang membatalkan puasa sejak Shubuh.[jpnn]


Komentar Pembaca