Korban Gempa Lombok Mulai Keluhkan Sejumlah Penyakit

Daerah  SABTU, 08 SEPTEMBER 2018 | 12:00 WIB

Korban Gempa Lombok Mulai Keluhkan Sejumlah Penyakit

Dokter LKNU Semarang, sedang memeriksa kesehatan korban gempa

Moeslimchoice|Dokter Firman Firdaus dari Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama' (LKNU) Kota Semarang, mengungkapkan pada umumnya, pasien yang diperiksa di posko kesehatan mengalami darah tinggi, gangguan pencernaan, dan gangguan psikologis.

Macam-macam penyakit ini ditemukan dokter Firman Firdaus seusai mengadakan pengobatan gratis di Desa Lendang Re, Lembahsari, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, Kamis (6/9).

"Rata-rata yang saya tangani adalah pasien dengan tensi darah yang cukup tinggi, mengalami gangguan pencernaan, dan gangguan psikologis,” kata dokter Firman. 

Hj Ainun (60) misalnya. Ia mengeluhkan pusing dan gatal. Dari pemeriksaan yang dilakukan tensinya 160/80 dari pemeriksaan beberapa hari lalu menjadi 220/100. 

Dari pemeriksaan yang dilakukan dokter Firman, hal tersebut tidak lepas dari kemungkinan adanya gangguan psikologis sehingga yang bersangkutan tidak dapat tidur nyenyak.

“Hal  ini sebagaimana kondisi umumnya masyarakat yang masih merasa was-was. Apalagi ketika menjelang malam, mereka  lebih memilih berada di tenda daripada di dalam rumahnya yang retak,” ungkapnya.

Pemeriksaan kondisi kesehatan dan pemberian obatan secara cuma-cuma tersebut merupakan prakarsa Lembaga Amil zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama atau LAZISNU Kota Semarang, Jawa Tengah.

Hal tersebut dalam mendukung program NU Care-LAZISNU Jateng Peduli Lombok yang dilaksanakan di beberapa titik sebagaimana hasil koordinasi dengan LPBI NU setempat.

"Kemarin, LAZISNU mengadakan pengobatan di Desa Batu Rimba, Lingsar Lombok Barat," ungkapnya.(dan)

Komentar Pembaca