• Minggu, 5 Februari 2023

Senang, Presiden: Sodetan Kali Ciliwung, April Sudah Selesai

- Selasa, 24 Januari 2023 | 19:30 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau Pembangunan Sodetan Kali Ciliwung/Foto Moeslimchoice:Deman
Presiden Joko Widodo meninjau Pembangunan Sodetan Kali Ciliwung/Foto Moeslimchoice:Deman

MoeslimChoice.Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung progres pembangunan sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023).

Setiba di lokasi, Presiden langsung melihat pemaparan proyek sodetan Kali Ciliwung tersebut.  Sodetan Kali Ciliwung merupakan satu kesatuan dengan Bendungan Ciawi, Bendungan Sukamahi, serta sistem kanal banjir lainnya.

“Sebentar lagi ini akan selesai, April sudah selesai,” kata Presiden usai peninjauan sodetan Sungai Ciliwung di Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane, Jakarta Timur.

Jokowi menjelaskan, sodetan nantinya akan mampu mengurangi banjir di Jakarta, dengan meretas debit air aliran Sungai Ciliwung ke KBT.

“Karena dari Sungai Ciliwung, kalau sudah dibuka siaga 4 dapat mengurangi 33 meter kubik per detik. Kemudian pada siaga 1 mengurangi 63 meter kubik per detik, kalau nanti sudah berfungsi sangat mengurangi banjir yang ada di Jakarta,” ujarnya.

Pembangunan sodetan ini merupakan bagian dari upaya menyeluruh pemerintah untuk mengendalikan banjir di wilayah DKI Jakarta.

"Sebenarnya ini proyek lanjutan yang dulu pernah berjalan di 2013 sampai dengan 2016, kemudian berhenti karena masalah pembebasan lahan," ujar Manajer Proyek Sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) Farida Maharani.

Menurut Farida, saat ini progres pembangunan sodetan tersebut sudah mencapai 77 persen. Presiden Joko Widodo sendiri optimistis bahwa proyek sodetan tersebut bisa rampung dan beroperasi pada April 2023.

Presiden Jokowi melakukan peninjauan di tiga titik, yakni  inlet  Kali Ciliwung di Jalan Otista, titik pertemuan (arriving shaft) di Jalan Otista III, dan titik outlet di Kanal Banjir Timur (KBT).

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

Paloh Makan Siang Bersama Luhut

Sabtu, 4 Februari 2023 | 00:31 WIB

Bada Jumat Nasdem Terima PKS di Markas

Kamis, 2 Februari 2023 | 20:25 WIB

Ketua Forsesdasi Sumsel Hadiri Rakornas Tahun 2023

Kamis, 2 Februari 2023 | 18:00 WIB

Usulan Meniadakan Jabatan Gubernur Jadi Isu Ramai

Rabu, 1 Februari 2023 | 15:26 WIB

Ada Apa Paloh Sambangi Airlangga?

Rabu, 1 Februari 2023 | 14:32 WIB
X