HNW Syukuri Gelar Pahlawan Nasional untuk Anggota BPUPK Kiyai Ahmad Sanusi

- Rabu, 9 November 2022 | 13:30 WIB
foto/net
foto/net

MoeslimChoice. Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional untuk anggota BPUPK, Kiyai Ahmad Sanusi mendapat respon positif dari Anggota DPR RI, sekaligus Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid.

 "Ini hari yang sangat membahagiakan, karena anggota BPUPK, yang juga tokoh ummat Islam, pendiri ormas PUI (Persatuan Umat Islam) telah diberi anugerah oleh Pemerintah, sebagai Pahlawan Nasional," kata Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid MA dalam keterangannya, Rabu (9/11/2022).

Hal tersebut diungkapkan HNW, panggilan akrabnya, saat memberikan sambutan dalam acara Tasyakur Bi Ni'mah Atas Penganugrahan Gelar Pahlawan Nasional KH. Ahmad Sanusi, di Jakarta, Senin (7/11/2022).

Ahmad Sanusi adalah ulama pejuang, salah satu pendiri Ormas Persatuan Umat Islam (PUI). Pria kelahiran Sukabumi, Jawa Barat, 18 September 1889 itu adalah Anggota BPUPK.

"Dalam catatan sejarah, beliau yang usulkan bentuk Republik dan Kesatuan untuk Negara Indonesia Merdeka, beliau juga pernah menjadi anggota KNIP, Dewan Penasehat Daerah Bogor, Wakil Residen Bogor, membentuk PETA, BKR, KNID (Komite Nasional Indonesia Daerah) Kotapraja Sukabumi, dan diangkat sebagai pengurus Jawa Hokokai," tambah HNW.

Penganugerahan gelar Pahlawan pada Ahmad Sanusi, menurut HNW menunjukkan, bahwa negara telah melaksanakan apa yang pernah dikatakan oleh Presiden Soekarno, 'Jas Merah' yakni  jangan sekali-kali melupakan sejarah.

"Tetapi selain Jas Merah, juga penting 'Jas Hijau', yakni jangan sekali-kali menghilangkah Jasa ulama, umara, dan umat," kata Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu.

 
HNW mengingatkan soal itu karena masih banyak Anggota BPUPK, maupun pejuang yang berjasa untuk kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia, baik dari kalangan anggota BPUPK, maupun ulama, umara, dan umat yang layak mendapat gelar Pahlawan Nasional, namun hingga saat ini belum diberi anugerah gelar Pahlawan Nasional.

"Padahal mereka berjasa dan terlibat langsung dalam perjuangan memerdekakan Indonesia. Termasuk di antaranya adalah Mr Syamsuddin, anggota BPUPK yang juga pendiri Ormas PUI (Persatuan Umat Islam)," tegasnya.

Halaman:

Editor: Melati

Terkini

Paloh Makan Siang Bersama Luhut

Sabtu, 4 Februari 2023 | 00:31 WIB

Bada Jumat Nasdem Terima PKS di Markas

Kamis, 2 Februari 2023 | 20:25 WIB

Ketua Forsesdasi Sumsel Hadiri Rakornas Tahun 2023

Kamis, 2 Februari 2023 | 18:00 WIB
X