Wapres: Bersikaplah Lakum Capresukum Walana Capresyuna

- Senin, 24 Oktober 2022 | 18:00 WIB

MoeslimChoice.Seluruh Bangsa Indonesia diingatkan, agar tidak terpecah-belah oleh menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Jangan sampai berbeda pilihan calon presiden (capres) terjadi perpecahan dan permusuhan.

Pesan itu disampaikan Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin pada Peringatan Hari Santri Nasional di Muhammadiyah Boarding School, Prambanan, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (24/10/2022).

Ditekankan Wapres, seluruh elemen bangsa tetap harus menjaga kesepakatan nasional. Jangan sampai ada permusuhan gara-gara beda pilihan capres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang.
 
"Jangan merusak persatuan nasional. Berbeda tidak perlu terjadi permusuhan," tegas Wapres.
 
KH Ma'ruf menjelaskan kepada para santri,  Indonesia didirikan berdasarkan kesepakatan semua elemen bangsa. Termasuk tokoh ulama dan para santri yang mengambil bagian dalam konstitusi negara. Kesepakatan atau konsensus nasional adalah NKRI, Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Wapres mengajak semua elemen bangsa, tidak tidak boleh melanggar kesepakatan itu.

"Umat Islam itu harus memenuhi janjinya. Oleh karena itu buat kita mengawal kesepakatan nasional, menjaga kesepakatan itu adalah kewajiban," tandas Wapres.

Perbedaan politik kerap terjadi saat pemilu atau pencalonan presiden. Ma'ruf meminta perbedaan itu dihargai, bukan malah memicu permusuhan.
 
"Karena itu kalau kita berbeda partai maka kita harus bersikap lakum partaiyukum walana partaiyuna, partai anda, partai anda. Partai saya, partai saya. Kalau berbeda capres lakum capresukum walana capresyuna. Bagi kalian capres kalian, bagi kami capres kami," papar Wapres.
 
"Artinya, berbeda tidak perlu terjadi permusuhan, sehingga merusak persatuan dan kesatuan nasional," tandas Wapres.[ros]

 

Editor: Ida Royani

Terkini

X