TikTok Akhirnya Dilarang Pemerintah Inggris Menyusul Larangan oleh AS dan Kanada

- Kamis, 16 Maret 2023 | 22:45 WIB
TikTok telah dilarang Kantor Kabinet Inggris/Foto Gov.UK
TikTok telah dilarang Kantor Kabinet Inggris/Foto Gov.UK

MoeslimChoice. TikTok, aplikasi media sosial China yang sangat populer, telah dilarang oleh Inggris">Pemerintah Inggris sebagai bagian dari tinjauan aplikasi yang lebih luas. Larangan serupa telah diberlakukan oleh sekutu karib Inggris yaitu Amerika Serikat (AS) dan Kanada.

"TikTok aplikasi media sosial telah dilarang di perangkat elektronik pemerintah, Kantor Kabinet telah mengumumkan hari ini," dikutip dari pengumuman Kantor Kabinet dan The Rt Hon Oliver Dowden CBE MP yang diterbitkan 16 Maret 2023.

TikTok dilarang oleh Inggris">Pemerintah Inggris disiarkan antara lain melalui laman Gov.UK yang berbunyi sebagai berikut:

Baca Juga: Ke Huy Quan Menangkan Oscar tapi Malah Dibully Masyarakat di Negara Asalnya Vietnam

Larangan itu datang setelah Menteri Kantor Kabinet memerintahkan tinjauan keamanan. Ini melihat potensi kerentanan data pemerintah dari aplikasi media sosial pada perangkat dan risiko seputar seberapa sensitif informasi dapat diakses dan digunakan oleh beberapa platform.

Mengingat sifat informasi yang berpotensi sensitif yang disimpan di perangkat pemerintah, kebijakan pemerintah tentang pengelolaan aplikasi pihak ketiga akan diperkuat dan larangan pencegahan terhadap TikTok di perangkat pemerintah akan diperkenalkan.

Saat ini, penggunaan TikTok di dalam pemerintah terbatas dan kebutuhan staf pemerintah yang terbatas untuk menggunakan aplikasi di perangkat kerja.

Baca Juga: Ke Huy Quan Menangkan Oscar tapi Malah Dibully Masyarakat di Negara Asalnya Vietnam

Keputusan ini sejalan dengan pembatasan serupa yang diajukan oleh mitra internasional utama, termasuk pemerintah AS dan Kanada, serta Komisi Eropa.

Kanselir Kadipaten Lancaster Oliver Dowden berkata:

     Keamanan informasi pemerintah yang sensitif harus didahulukan, jadi hari ini kami melarang aplikasi ini di perangkat pemerintah. Penggunaan aplikasi pengekstrak data lainnya akan terus ditinjau.

     Membatasi penggunaan TikTok di perangkat Pemerintah adalah langkah yang bijaksana dan proporsional mengikuti saran dari pakar keamanan siber kami.

TikTok mewajibkan pengguna untuk memberikan izin kepada aplikasi untuk mengakses data yang disimpan di perangkat, yang kemudian dikumpulkan dan disimpan oleh perusahaan. Mengizinkan izin tersebut memberi perusahaan akses ke berbagai data di perangkat, termasuk kontak, konten pengguna, dan data geolokasi.

Pemerintah, bersama dengan mitra internasional kami, prihatin dengan cara penggunaan data ini.

Larangan hari ini tidak mencakup perangkat pribadi untuk pegawai pemerintah, menteri, atau masyarakat umum. Setiap individu harus mengetahui kebijakan data setiap platform media sosial saat mempertimbangkan untuk mengunduh dan menggunakannya.

Larangan perangkat pemerintah berlaku untuk perangkat perusahaan pemerintah di semua departemen pemerintah.

Pengecualian khusus untuk penggunaan TikTok pada perangkat pemerintah diberlakukan jika diperlukan untuk tujuan kerja.

Pengecualian hanya akan diberikan oleh tim keamanan berdasarkan kasus per kasus, dengan izin menteri yang sesuai, dan dengan mitigasi keamanan diberlakukan.

Pengecualian ini akan mencakup area seperti individu yang bekerja dalam peran penegak hukum yang relevan, atau misalnya untuk tujuan bekerja pada bahaya online.*

Editor: Rosydah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X