136 Awardee Sudah Nikmati Beasiswa Program 5000 Doktor LN

- Kamis, 3 November 2022 | 13:30 WIB
Dirjen Pendis Kemenag RI M Ali Ramdhani
Dirjen Pendis Kemenag RI M Ali Ramdhani

MoeslimChoice.Beasiswa Program 5.000 Doktor Luar Negeri (LN) sudah dicairkan. Sedikitnya 136 peraih beasiswa (awardee) yang sudah menerima pembayaran Tuition Fee (Biaya Semester) dan Living Allowance (Uang Saku).

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) RI M Ali Ramdhani di Jakarta, Kamis (3/11/2022).

“Alhamdulillah, sesuai yang kami janjikan, beasiswa Program 5.000 Doktor Luar Negeri sudah mulai cair. Sudah ada 136 awardee yang menerima pembayaran tuition fee dan living allowance,” katanya.

“Total lebih Rp25 miliar anggaran yang telah dibayarkan,” tambah M Ali Ramdhani, yang karib disapa Kang Dani ini.

Menurutnya, sejak 29 Oktober 2022 Tim Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan melakukan koordinasi intensif untuk melakukan percepatan pencairan beasiswa Program 5.000 Doktor Luar Negeri. Ditjen Pendidikan Islam dan LPDP telah membentuk semacam taskforce percepatan dan secara bertahap mencairkan tuition fee dan living allowance para awardee.

Untuk tuition fee, sampai hari ini sudah dibayarkan kepada sejumlah mahasiswa yang kuliah di Amerika Serikat, Australia, Belanda, Inggris, Jepang, Jerman, Malaysia, Mesir, Perancis, dan Yordania. Sementara untuk living allowance, sudah dibayarkan ke sejumlah awardee yang kuliah di Amerika Serikat, Australia, Belanda, Inggris, Iran, Jepang, Jerman, Malaysia, Maroko, Mesir, Perancis, Sudan, dan Yaman.

Pencairan bertahap ini dilakukan, kata Kang Dhani ini, sebagai upaya simultan untuk bisa segera memenuhi hak-hak awardee. "Alhamdulillah, proses koordinasi dengan pihak awardee juga terus berjalan. Mereka kooperatif juga dalam pemenuhan persyaratan administratif dan itu ikut mempercepat proses pencairan living allowance yang tertunda sejak Januari 2022," jelasnya.

Kasubdit Ketenagaan pada Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kemenag Ruchman Basori menambahkan, Program Beasiswa 5.000 Doktor Luar Negeri Kementerian Agama, telah berlangsung sejak 2014 dan telah melahirkan lebih dari 600 alumni. Selama ini, secara teknis, program ini ditangani Project Management Unit (PMU) 5.000 Doktor Luar Negeri di bawah kendali Diktis, Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama.

Sejak tahun anggaran 2022, lanjutnya, beasiswa yang semula dibiayai APBN DIPA Ditjen Pendidikan Islam ini sekarang dibiayai oleh LPDP. Secara teknis ditangani oleh PMU Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kementerian Agama yang cakupannya diperluas menjadi satu kementerian.

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

Bupati Pastikan, KBM SD Filial GPI Tetap Berjalan

Rabu, 1 Februari 2023 | 18:52 WIB
X