Beasiswa 5.000 Doktor Luar Negeri Cair Pekan Depan, Bertahap

- Sabtu, 29 Oktober 2022 | 14:45 WIB
Dirjen Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani/foto:kemenag
Dirjen Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani/foto:kemenag

MoeslimChoice. Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), telah menggelar rapat dan menyepakati untuk secara bertahap mencairkan beasiswa Program 5000 Doktor Luar Negeri pada pekan depan.  

"Tim Ditjen Pendidikan Islam dan LPDP semalam langsung menggelar rapat, merumuskan langkah efektif yang bisa dilakukan dalam percepatan pencairan beasiswa Program 5.000 Doktor Luar Negeri," kata Dirjen Pendidikan Islam, M Ali Ramdhani di Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

"Sebagai langkah awal, Kemenag dan LPDP akan membentuk semacam taskforce percepatan dan secara bertahap akan mencairkan Living Allowance para awardee (penerima beasiswa) mulai pekan depan," tambah Ali Ramdhani.

Pencairan bertahap ini dilakukan, menurut Ali RamDhani sebagai upaya simultan untuk bisa segera memenuhi hak-hak awardee. 

"Proses pemenuhan persyaratan administratif oleh awardee tetap dilanjutkan, dan pencairan sebagian Living Allowance yang tertunda sejak Januari 2022 pun bisa berjalan," jelasnya.

"Kami sudah bersepakat dengan Dirut LPDP, Pak Andin Hadiyanto, untuk uang saku atau Living Allowance bertahap dicairkan," tambahnya lagi.

Terkait uang semester atau tuition fee (TF), Ali Ramdhani menjelaskan bahwa sebagian besar telah dicairkan oleh LPDP dan ditransfer langsung ke rekening perguruan tinggi. Sehingga, saat ini proses pencairan sudah mulai difokuskan juga pada komponen lain, antara lain Living Allowance.

Dirjen Pendidikan Islam juga menegaskan, bahwa proses koordinasi intensif dengan LPDP dan perwakilan penerima beasiswa terus dilakukan, untuk membahas penanganan dan pemenuhan persyaratan pencairan yang dipersyaratkan.

"Masalah keterlambatan sudah kami jelaskan kepada awardee. Bahwa tahun 2022, seiring pembiayaan yang dilakukan oleh LPDP, ada penyesuaian skema dan sejumlah persyaratan yang juga harus dipenuhi awardee. Ini yang sedang kita akselerasi bersama," terang Ali Ramdhani.

Halaman:

Editor: Melati

Terkini

Bupati Pastikan, KBM SD Filial GPI Tetap Berjalan

Rabu, 1 Februari 2023 | 18:52 WIB
X