Guru Madrasah Seluruh Indonesia, Ikutlah Pelatihan Kurikulum Merdeka

- Kamis, 20 Oktober 2022 | 14:08 WIB

MoeslimChoice.Guru-guru madrasah di seluruh Indonesia diberi kesempatan mengikuti Pelatihan Kurikulum Merdeka. Pelatihan diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia, Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat bersama Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah.

"Pelatihan Kurikulum Merdeka bagi guru madrasah, PNS maupun Non PNS," kata Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Mastuki di Ciputat, Kamis (20/10/2022).

Ia menambahkan, pelatihan Kurikulum Merdeka digelar secara online mandiri berbasis MOOC atau Massive Open Online Course. Peserta pelatihan bisa mengikutinya secara mandiri, kapan pun, dan dari mana pun.

Menurut Mastuki, pendaftaran Pelatihan Kurikulum Merdeka dibuka dari 19 sampai 25 Oktober 2022. Para GTK Madrasah yang akan mendaftar, sila klik: Pendaftaran Pelatihan Kurikulum Merdeka.

“Pelaksanaan pelatihan akan berlangsung dari26 Oktober sampai 6 November 2022,” tutur Mastuki.

“Peserta pelatihan akan mendapat sertifikat 60 Jam Pelajaran. Tidak dipungut biaya untuk mengikuti pelatihan alias gratis,” sambungnya.

Mastuki menambahkan, Pelatihan Kurikulum Merdeka dimaksudkan untuk memberi ruang kebebasan bagi GTK Madrasah untuk menjadi pembelajar sejati. Pelatihan ini dirancang dengan tingkat fleksibilitas dan aksesibilitas tinggi.

Konten dan materi serta metodenya memungkinkan peserta merdeka belajar untuk mengikutinya sesuai waktu dan kebutuhan pengembangan diri.

"Kurikulum merdeka sesuai dengan watak pendidikan yang hakikatnya memerdekakan manusia. Kurikulum merdeka bukan hanya menstimulasi merdeka belajar, tapi juga merdeka mengajar," tandasnya.[ros]

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

Bupati Pastikan, KBM SD Filial GPI Tetap Berjalan

Rabu, 1 Februari 2023 | 18:52 WIB
X