Terinspirasi Sebuah Hadits, Siswa MAN 2 Tasikmalaya Teliti Lalat sebagai Antikanker

- Senin, 17 Oktober 2022 | 08:15 WIB
foto/net
foto/net

MoeslimChoice. Tradisi riset di Madrasah terus berkembang dan makin kontributif. Salah satunya penelitian yang dilakukan para siswa Madrasah. Salah satunya siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tasikmalaya, Nabilah Husniyyah.

Dia meneliti manfaat sayap lalat dalam riset berjudul 'Profiliing dan Docking Senyawa Kandidat Antikanker dari Sayap Kanan Lalat melalui Karakteristik GC-MS'.

Hasil riset ini, meraih juara II 'Madrasah Young Reasercher Supercamp (Myres) 2022' untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA) Bidang Matematika Sains Dan Pengembangan Teknologi.

Nabila menjelaskan, penelitian ini terinspirasi dari salah satu hadits tentang lalat. Pesan dalam hadits itu, "apabila seekor lalat hinggap di tempat minum salah seorang dari kalian, hendaknya ia mencelupkan ke dalam minuman tersebut, kemudian membuangnya karena pada salah satu sayapnya terdapat penyakit dan pada sayap lainnya terdapat penawarnya." (H.R. Bukhari).

"Awalnya, saya terinspirasi hadits tersebut. Karena penasaran, saya melakukan penelitian ini," kata Nabilah di ajang Madrasah 'Young Reasercher Supercamp (Myres) 2022' yang berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Menurut Nabilah, penelitian ini menelusuri lebih jauh mengenai potensi senyawa aktif pada sayap kanan Musca domestica (lalat), melalui profiling senyawa bioaktif dengan metode GC-MS dan in silico dengan melalui molecular docking.

"Saya lakukan penelitian ini dari tahun 2021. Pastinya banyak sekali kendala dan rintangan. Namun saya optimis bisa menyelesaikannya. Alhamdulillah, saya bisa sampai di tingkat Nasional," jelas Nabilah, merujuk keberadaannya sebagai finalis Myres 2022.

Nabilah membeberkan awal kesulitan dalam penelitian ini adalah penangkapan lalatnya. 

"Dari alat perangkap sudah saya pakai, namun hasilnya kurang maksimal, apalagi yang saya teliti adalah sayapnya, jadi harus sangat hati-hati," bebernya.

Halaman:

Editor: Melati

Terkini

Bupati Pastikan, KBM SD Filial GPI Tetap Berjalan

Rabu, 1 Februari 2023 | 18:52 WIB
X