Asyiiik..Kecerdasan Kita Bisa Diasah Terus

- Senin, 10 Oktober 2022 | 20:30 WIB

MoeslimChoice.Saat berbicara tentang kecerdasan manusia, jangan melulu berpikir tentang prestasi akademik ya. Sebab kecerdasan tidak hanya satu macam itu, melainkan sembilan jumlahnya. Karena itu perlu dipahami bahwa semua orang cerdas, di bidang masing-masing.

Dilansir dari Klikdokter.com, Senin (10/10/2022), kecerdasan manusia selalu dikaitkan dengan tiga pokok kecerdasan, yaitu matematika, sains, dan nilai tes IQ. Namun, apakah mereka yang tidak pandai pada tiga pokok persoalan tersebut berarti mereka tidak cerdas?

Howard Gardner, psikolog dari Harvard University, dalam bukunya "Frames of the Mind: The Theory of Multiple Intelligences" mengungkapkan bahwa banyak jenis kecerdasan manusia yang unik dan mungkin tidak semua bisa memilikinya, misalnya kecerdasan bermusik, kecerdasan olahraga, dan berbagai jenis kecerdasan lain.

Di sisi lain, psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi., juga menjelaskan bahwa saat ini memang belum banyak orang yang memahami berbagai jenis kecerdasan manusia. Karena memang tidak mudah untuk mengukur kecerdasan-kecerdasan tersebut.

“Jika seseorang pintar di bidang akademik, tentu mudah mengukurnya, misalnya dengan angka. Padahal jenis kecerdasan ada banyak, misalnya di bidang musik atau ada juga kecerdasan interpersonal (mudah memahami orang lain). Jenis-jenis kecerdasan manusia ini masih banyak yang belum menyadari dan tentunya memerlukan metode khusus untuk mengetahuinya,” lanjutnya.

9 Kecerdasan Manusia:
1. Kecerdasan Naturalistik
Pernahkah kamu bertemu dengan teman yang jago merawat tanaman? Apa saja yang ia tanam, pasti berbuah dan berbunga indah. Mereka juga sangat mudah akrab dengan berbagai jenis hewan. Orang-orang yang memiliki kepekaan lebih terhadap alam disebut memiliki kecerdasan naturalistik.

Berikut karakteristik orang-orang dengan kecerdasan naturalistik:
● Tertarik pada mata pelajaran IPA atau sesuatu yang mempelajari soal alam
● Mudah memahami peta dan cepat menangkap informasi
● Suka berkemah, berkebun, hiking, dan menjelajah alam
● Kurang menyukai mata pelajaran di luar pengetahuan soal alam

Beberapa jenis pekerjaan yang cocok dengan dari orang-orang dengan kecerdasan naturalistik, seperti:
● Petani
● Ahli kehutanan
● Ahli biologi
● Dokter hewan

2. Kecerdasan Bermusik
Beberapa orang mungkin tidak terlalu menyukai alam bebas, tapi lebih tertarik dengan musik. Kelebihan kecerdasan manusia jenis ini adalah mereka umumnya lebih sensitif terhadap suara dan sering menangkap berbagai suara yang terkadang tidak didengar oleh orang lain.

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

Bupati Pastikan, KBM SD Filial GPI Tetap Berjalan

Rabu, 1 Februari 2023 | 18:52 WIB
X