• Sabtu, 23 September 2023

Inilah 10 Kampus Paling Diminati Calon Mahasiswa Jalur Prestasi Akademik

- Selasa, 4 April 2023 | 13:28 WIB
Ketua Panitia SPAN PTKIN Imam Taufiq mengatakan bahwa  jumlah 75.362 kebanyakan memilih UIN (Anwar s)
Ketua Panitia SPAN PTKIN Imam Taufiq mengatakan bahwa jumlah 75.362 kebanyakan memilih UIN (Anwar s)

Moeslimchoice.com – Sebanyak 75.362 siswa dinyatakan lulus seleksi Hasil Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Mereka rata-rata memilih kampus UIN yang menjadi tujuan utamanya, dibanding IAIN dan STAIN.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Panitia SPAN PTKIN Imam Taufiq bahwa dari jumlah 75.362 siswa yang dinyatakan lulus seleksi itu rata-rata memilih Universitas Islam Negeri.

“Jumlah peserta yang lolos seleksi tahun ini lebih banyak dibanding pada SPAN PTKIN 2022. Saat itu, ada 73.944 siswa yang dinyatakan lulus seleksi SPAN-PTKIN. Selain itu UIN menjadi pilihan utama bagi calon mahasiswa itu,” ujar Imam Taufiq di Semarang, Senin (3/4/2023).

SPAN PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN, IAIN dan STAIN dalam satu sistem yang terpadu. Seleksi tersebut diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Jalur SPAN PTKIN ini dilakukan berdasarkan penjaringan prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.

Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi harus melakukan pendaftaran ulang. Prosedur daftar ulang ditetapkan oleh masing-masing PTKIN.

Baca juga: Hebat, Ada Dodol dan Selai dari Kelapa Sawit Buatan 2 Siswi SMK di Muba

“Kami sampaikan selamat kepada yang lulus, dan segeralah melakukan registrasi ke kampus masing-masing, dengan memanfaatkan skema beasiswa secara kompetitif yang diatur oleh masing-masing kampus PTKIN. Beasiswa itu di antaranya Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) yang bekerja sama dengan LPDP, Beasiswa Baznas, dan lainnya,” tuturnya.

Pendaftaran Jalur UM-PTKIN Segera Dibuka

Imam Taufiq menambahkan, setelah penyelenggaraan SPAN-PTKIN selesai, Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN akan menggelar seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).

“Bagi peserta yang belum lolos SPAN-PTKIN, kesempatan kuliah masih ada melalui jalur UM-PTKIN. Pendaftarannya akan dibuka pada 10 April sampai 15 Mei 2023,” jelasnya.

Baca juga: Pj Bupati Dukung Partisipasi PP KAMMI dalam Meningkatkan Wawasan Pemuda Muba

Baca juga: Menteri PANRB Sebut Butuh 4.672 CPNS dari 8 Jalur Sekolah Kedinasan 2023, Yuk Segera Daftar!

Berikut 10 Kampus dengan Peminat Terbanyak:

Halaman:

Editor: Ahmad Anwarudin

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X