Besok, Bukit Selabu Muba Dianugerahi Award Desa Cantik Tahun 2022

- Minggu, 29 Januari 2023 | 19:50 WIB

MoeslimChoice.Desa Bukit Selabu, Kecamatan Batanghari Leko, Musi Banyuasin berhasil mendapatkan Anugerah Award Desa Cantik Tahun 2022. Penganugerahan akan dilaksanakan pada Senin, (30/01/ 2023), di Aryanusa Ballroom Lantai 2, Menara Dana Reksa, JI.Medan Merdeka Selatan No. 14, RW.2 Gambir, Jakarta Pusat.

Kepastian anugerah untuk Desa Selabu diterima oleh Kadin Kominfo Muba, Herryandi Sinulingga melalui surat undangan yang ditujukan kepada Bapak Pj Bupati Musi Banyuasin H Apriyadi dari BPS RI Nomor: B-069/04300/SS.510/01/2023, bertanggal 26 Januari 2023 yang diterimanya.

Menurut Herryandi Sinulingga Desa Bukit Selabu tampil sebagai penerima Anugerah Award Desa Cantik 2022 kategori Desa Berkembang.

"Kita patut bersyukur, salah satu desa di Muba mampu bicara dikancah nasional. Kita akan dorong sejumlah desa dan lakukan pendampingan bersama Tim BPS MUBA terkait penyediaan dan pengolahan data statistik desa ," kata Sinulingga, Jumat (27/1/2023).

Dirinya mengatakan Pemkab Muba akan hadir untuk menerima anugerah kegiatan penganugerahan Award Desa Cantik Tahun 2022. Disebutkan Sinulingga, acara penganugerahan akan dintegrasikan dengan Launching Reformasi Birokrasi BPS Tahun 2023.

"Penganugerahan Award Desa Cantik Tahun 2022 akan diberikan secara langsung oleh Menteri PAN RB dan Kepala BPS RI kepada 12 Kepala Desa/Lurah Desa Cantik terbaik," se-Indonesia bebernya.

Diketahui Pemkab Muba sebelumnya telah menerima kunjungan dalam rangka Visitors Ground Check Penilaian Desa Cinta Statistik di Desa Bukit Selabu Kecamatan
Batanghari Leko. Saat itu, Pj Bupati Muba H Apriyadi menjamu dengan coffee morning tim Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, di Guest House Griya Bumi Serasan Sekate, Kamis (15/12/2022).

"Saya atas nama pribadi, masyarakat dan pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin mengucapkan selamat datang kepada Tim Badan Pusat Statistik RI di Bumi Serasan Sekate Musi Banyuasin. Terima kasih kepada tim yang telah hadir untuk melalukan pemeriksaan lapangan terkait penilaian Desa Cantik di Desa Bukit Selabu yang masuk Nominasi Top 25 Nasional," kata Apriyadi.

Pj Bupati Muba juga menyampaikan, Desa merupakan ujung tombak pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, dimana program pemerintah melalui BPS RI dengan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) yang mendata dari desa untuk Mewujudkan Satu Data Indonesia.

Melalui Desa Cantik ini, program Pemerintah baik Pusat dan Daerah termasuk bantuan yang diberikan kedesa bisa tepat sasaran dan sesuai target yang diharapkan, sehingga kedepannya segala sesuatu harus berdasarkan data dan fakta yang ada di desa dimaksud tegas Apriyadi

Sementara itu, Kepala BPS Muba Trio Wira Dharma mengatakan timnya bersama Dinkominfo Muba sejak awal melakukan pembinaan dan pendampingan Desa Bukit Selabu. Di Sumsel, kata dia, ada dua desa yang mendapatkan anugerah Award Desa Cantik yakni Bukit Selabu di Muba dan satunya lagi desa di OKUS.

"Alhamdulillah, Desa Bukit Selabu menang di tingkat nasional. Ke depan bersama Pemkab Muba, Dinkominfo, kita akan terus bekerja untuk desa lainya agar bisa menembus Anugerah Award Desa Cantik 2023," tutupnya.[ros]

 

Editor: Ida Royani

Terkini

X