Hajj Store Siap Hadir di Seluruh Asrama Haji Tahun Ini

- Sabtu, 28 Januari 2023 | 09:00 WIB
foto/net
foto/net

MoeslimChoice. Mulai musim haji tahun 1444H/2023M, jamaah haji Indonesia tidak perlu lagi repot-repot membawa oleh-oleh dari Arab Saudi. Pasalnya, mulai tahun ini, di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji, akan menghadirkan Hajj Store alias Toko Haji.

Hal ini diungkapkan Kepala Subdirektorat Asrama Haji Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama (Kemenag), Dasrul El Hakim, saat melakukan koordinasi secara daring melalui video conference dengan para Kepala 10 UPT Asrama Haji se-Indonesia dan Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) dari 6 Provinsi.

"Hajj Store akan mulai beroperasi di musim haji tahun 1444 H/2023M ini," kata Kepala Subdirektorat Asrama Haji Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama (Kemenag), Dasrul El Hakim,
seperti dilansir dari laman kemenag, Kamis (26/1/2023).

Dasrul menyatakan, kehadiran Hajj Store ini merupakan bagian dari penguatan ekosistem haji dan umrah. 

Kehadiran Hajj store diharapkan dapat memenuhi kebutuhan, terkait perlengkapan ibadah jamaah, oleh-oleh haji dan umrah, hingga oleh-oleh khas daerah. 

"Sehingga nantinya, jamaah tidak perlu repot membawa oleh-oleh dari Arab Saudi," tambahnya.

Menurut Dasrul, Hajj Store tersebut, tidak hanya dibuat untuk memenuhi kebutuhan jamaah haji, namun juga untuk jamaah umrah hingga masyarakat umum, yang menggunakan asrama haji. Secara operasional, Hajj Store akan berkolaborasi dengan Koperasi Karyawan Asrama Haji (Kokaji), yang sudah ada serta para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Ini merupakan harapan Kemenag dalam pengoptimalisasian peran dan nilai manfaat asrama haji bagi umat. Mari kita dukung kemaslahatan dalam aktivitas ekonomi melalui Hajj Store," tandasnya.

Sementara itu, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab mengatakan, Asrama Haji Indramayu akan mulai beroperasi tahun ini, untuk sebagian jamaah haji asal Jawa Barat. Ia juga mengajak seluruh pengelola Embarkasi Asrama Haji, untuk dapat melayani jamaah haji dengan pelayanan prima.

"Karena haji tahun ini tidak ada pembatasan usia, tentunya ada treatment khusus, sehingga pelayanan untuk para jamaah lansia, perlu dilakukan pemetaan dan perhatian, kami akan bantu mengawal, semoga kita sehat selalu, sehingga dapat melaksanakan tugas dan fungsi dalam rangka melayani para tamu Allah secara optimal," kata Saiful. [mt]

Editor: Melati

Terkini

X