Hati-hati, Ini 5 Kesalahan Sarapan yang Justru Menaikkan Berat Badan

- Kamis, 26 Januari 2023 | 07:00 WIB
foto/net
foto/net

MoeslimChoice. Para ahli gizi dan kesehatan sering mengingatkan kita semua, agar selalu sarapan sebelum memulai kegiatan yang padat. Karena dengan sarapan, tubuh akan menjadi lebih kuat. Sarapan merupakan sumber energi tubuh di pagi hari, agar selalu fokus melakukan berbagai hal ini.

Namun, ada juga sebagian orang yang sarapan dengan beberapa tujuan. Sementara sebagian dari kita melakukannya karena manajemen waktu yang tidak teratur, sebagian yang lain melakukannya karena ingin menurunkan berat badan. 

Jika Anda termasuk kelompok yang terakhir, yang melakukan sarapan sebagai diet alias untuk menurunkan berat badan, maka itu adalah sebuah kesalahan. 

Berikut 5 Kesalahan Sarapan, yang Justru Bikin Berat Badan Naik, seperti dikutip laman Pulse.com.gh:  

1. Tak Sarapan Pagi 

Jika jam kerja yang sibuk, kadang membuat Anda melewatkan sarapan. Jika tidak sarapan, maka itu akan menghambat kerja metabolisme Anda. Dan tentu saja, itu akan membuat Anda menjadi lesu dan tidak bersemangat. Oleh karena itu, pastikan Anda menikmati sarapan setiap hari.


2. Makan dengan Pilihan Karbohidrat yang Salah 

Makanan kemasan seperti kue, muffin, kue mangkuk, dan panekuk, mungkin terdengar seperti sarapan yang mewah dan sehat, tetapi sebenarnya tidak. Mereka sarat dengan karbohidrat, yang sering mengakibatkan penambahan berat badan. 


2. Jus untuk Sarapan 

Memulai hari Anda dengan segelas jus segar selalu merupakan ide yang bagus. Namun tahukah Anda, dari sudut pandang pengelolaan berat badan, itu adalah ide yang buruk. Menurut para ahli, jus buah atau sayuran segar, kekurangan kandungan serat dan mengakibatkan keinginan ngemil di siang hari, yang pada akhirnya bukannya kurus malah menyebabkan penambahan berat badan. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari jus untuk sarapan, lebih baik memilih buah-buahan segar. 


3. Tidak Mengandung Protein 

Jika Anda lebih suka Aloo Paratha daripada telur rebus untuk sarapan, maka Anda salah. Menurut para ahli Gizi, disarankan untuk menikmati sarapan, yang kaya akan protein seperti telur, karena membuat Anda kenyang lebih lama dan membantu menghindari makan yang berlebihan.


4. Terlalu Banyak Gula Saat Sarapan 

Orang suka menikmati kue mangkuk, semangkuk sereal, atau bahkan panekuk berisi gula. Menurut para ahli Gizi, makanan ini hanya menambah lebih banyak kalori untuk sehari itu dan mengurangi ruang lingkup Anda untuk makan makanan sehat lainnya sepanjang hari. 

Halaman:

Editor: Melati

Terkini

X