• Minggu, 5 Februari 2023

Puncak Resepsi 1 Abad NU, Jutaan Nahdliyin Siap "Putihkan" Sidoarjo

- Rabu, 25 Januari 2023 | 07:30 WIB
foto/net
foto/net

MoeslimChoice. Puncak Resepsi 1 Abad NU yang akan dilaksanakan di Gelora Delta Sidoarjo pada Selasa, (7/2/2023) akan dihadiri jutaan warga Nahdliyin dari berbagai pelosok negeri. Hal tersebut diungkapkan Ketua Panitia Pelaksana Puncak Resepsi 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU), Rahmat Hidayat Pulungan, usai  panitia menerima konfirmasi kehadiran dari para pengurus NU daerah yang akan hadir beserta rombongan.     

"Insyaallah akan melebihi satu juta orang. Mereka tidak hanya dari NU, tetapi juga kalangan pesantren," kata Ketua Panitia Pelaksana Resepsi 1 Abad NU, Rahmat Hidayat Pulungan, di Jakarta,  seperti dilansir dari NU Online, Selasa (24/1/2023).   

Untuk menyambut kehadiran para peserta, pihak panitia akan mempersiapkan dan menerjunkan puluhan ribu tim keamanan dari satuan anggota Banser. Termasuk menyiapkan layanan kesehatan, dan kesiapsiagaan rumah sakit di Sidoarjo dan sekitarnya.   

Rahmat juga mengingkatkan kepada jamaah yang akan hadir di acara puncak acara 1 Abad NU ini untuk mengenakan baju putih.

"Kita minta semua yang hadir di acara puncak ini untuk mengenakan baju putih. Kita putihkan Sidoarjo!" tambah Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu mengajak.  

Rahmat Hidayat juga menjelaskan, bahwa putih melambangkan kesucian dan kebersihan. Hal ini menjadi perlambang dilahirkan kembalinya NU untuk menghadapi abad kedua.

Selain itu, kesamaan warna putih yang diusung juga menjadi simbol kesamaan, kesetaraan, dan kebersamaan diantara sesama warga NU. 

"Kita semua sama tidak memandang status sosial, tidak ada diskriminasi. Kita semua bersama-sama," tambahnya. 

Rahmat menambahkan, Nabi Muhammad SA juga suka dengan pakaian putih, sebagaimana anjuran yang termaktub dalam hadits-haditsnya. Bahkan disebutkan dalam salah satu riwayat, bahwa pakaian putih ini pakaian yang terbaik menurut Nabi.

Halaman:

Editor: Melati

Terkini

Bulan Rajab Adalah Bulan Menanam

Kamis, 2 Februari 2023 | 14:12 WIB
X