• Minggu, 5 Februari 2023

Pemprov Sulsel: Reklamasi 12 hektar di Pulau Lae-lae Selesai Agustus Ini

- Selasa, 24 Januari 2023 | 17:00 WIB

MoeslimChoice.Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menargetkan, mulai Mei 2023, reklamasi seluas 12,11 hektare di Pulau Lae-lale, sebagai lahan pengganti di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, yang pengerjaannya dimulai Mei dan rampung pada Agustus 2023.

.Demikian dikatakan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel Andi Yurnita, Selasa (24/1/2023).

Ia mengatakan, "Direncanakan mungkin sekitar bulan Mei mulai. Reklamasi dua setengah bulan."

Menurut Yurnita, proses perizinan reklamasi sudah selesai. Dokumen analisis dan dampak lingkungan (amdal) juga tengah diproses.

Ia merinci bahwa perizinan di Kementerian Kelautan sudah selesai. Saat ini proses amdal juga sudah hampir selesai, karena kita sudah pembahasan.

Reklamasi seluas 12,11 hektare dilakukan di sebelah timur Pulau Lae-lae. Dia menegaskan, reklamasi tidak berdampak pada wilayah permukiman.

Ia menegaskan, "Tapi bukan (Pulau) Lae-lae yang dihuni oleh masyarakat sekarang, tapi di sebelah timurnya, yang pantai putih sekarang diperluas pasir putihnya. Itu yang mau ditambah. Jadi tidak mempengaruhi kawasan permukiman yang ada sekarang, karena lokasinya berbeda."

Yurnita menjelaskan, reklamasi ini merupakan lanjutan kerja sama Pemprov Sulsel dengan pengembang, PT Yasmin Bumi Asri. Dari total 157 hektare lahan reklamasi yang direncanakan di kawasan CPI, pihak pengembang berkewajiban menyerahkan 50 hektare kepada Pemprov.

"Seharusnya kan dia serahkan 50 hektare, tapi kan ada tanah tumbuh 12 hektare yang terbit sertifikat atas nama Pemprov. Jadi dia tidak mungkin melakukan reklamasi di tempat tersebut. Jadi masih kurang kewajibannya, baru 38 hektare yang dia selesaikan," jelasnya.

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

Bulan Rajab Adalah Bulan Menanam

Kamis, 2 Februari 2023 | 14:12 WIB
X