• Minggu, 5 Februari 2023

Digelar 24 Jam Non-Stop Puncak Harlah 1 Abad NU, Hadirkan Raja Dangdut Rhoma Irama Hingga Meher Zain

- Jumat, 20 Januari 2023 | 11:00 WIB
foto/net
foto/net

MoeslimChoice. Puncak Resepsi 1 Abad NU yang akan digelar dan dipusatkan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur pada Selasa (7/2/2023). Gelaran harlah ke-100 tahun (perhitungan hijriyah) ini, akan berlangsung selama 24 jam tanpa henti. 

Acara akan dimulai pukul 00.00 dinihari Selasa (7/2/2023) hingga pukul 00.00 di hari berikutnya, Rabu (8/2/2023).

Juru Bicara Panitia Resepsi Puncak 1 Abad NU, Rahmat Hidayat Pulungan mengatakan, panitia telah menyiapkan beragam kegiatan sepanjang hari, mulai kegiatan yang bersifat ritual keagamaan, resepsi puncak harlah, karnaval Nusantara, panggung hiburan rakyat, bazaar UMKM hingga kuliner Nusantara.

Puncak Harlah 1 Abad NU, akan diawali dengan kegiatan ritual keagamaan dengan qiyamul lail. Kegiatan tersebut, akan diisi dengan pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, Ratib al-Attas, Asmaul Husna, ijazah kubra, hingga shalat berjamaah dan shalawatan bersama Habib Syech.   

"Ritual ini akan dipimpin oleh para kiai, habaib, hingga ulama dari luar negeri," ujar Wakil Sekretaris Jenderal PBNU ini.

Tak hanya itu, untuk pagi hari, juga akan diisi dengan agenda formal Puncak Resepsi 1 Abad NU. Kegiatan ini akan diisi dengan istighosah kubro dan rangkaian sambutan dari Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah; lalu khutbah iftitah dari Rais Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar; sambutan Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf, dan amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. 

Dalam kegiatan pagi tersebut, juga akan menghadirkan penampilan marching band dan iringan musik orchestra pimpinan Addie MS, yang dipadukan dengan koreografi, Denny Malik dari ribuan anggota Banser, serta penampilan Qosimah dan Woro Widowati.

Kegiatan tersebut akan diikuti oleh ratusan ulama, yang mengikuti Muktamar Internasional Fiqih Peradaban pada hari sebelumnya, Senin (6/2/2023). 

Selain itu, ada juga pembacaan rekomendasi dari muktamar, sekaligus diserahkan kepada Presiden Joko Widodo. Gus Yahya juga akan memberikan penghargaan secara khusus kepada dua ulama internasional yang sangat berpengaruh di dunia. 

Halaman:

Editor: Melati

Terkini

Bulan Rajab Adalah Bulan Menanam

Kamis, 2 Februari 2023 | 14:12 WIB
X