• Minggu, 5 Februari 2023

Piala Dunia 2022, Sepakbola, dan Harapan Perdamaian Dunia

- Minggu, 18 Desember 2022 | 15:55 WIB

MoeslimChoice.Apabila Anda menyaksikan dengan jeli tulisan pada ban yang dipakai di lengan kapten setiap kesebelasan piala dunia 2002 di Qatar, disana Anda akan menemukan kalimat #SaveThePlanet.

Sebuah kampanye keprihatinan para pecinta bola dengan kondisi pemanasan global (climate change) yang membuat meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi akibat konsentrasi gas-gas rumah kaca.

Akibatnya, dunia dilanda kekeringan, banjir, dan kebakaran hutan dimana-mana disamping penyakit-penyakit tropis seperti malaria, demam dangue, demam kuning dan lain-lain yang mengintai kehidupan manusia.

Diluar dari ban kampanye keprihatinan akibat climate change yang dipakai para kapten kesebalasan, dukungan pada terciptanya perdamaian dan kemerdekaan Palestina pun begitu masif dan menggem disuarakan para pecinta bola baik melalui ban #FreePalestina, bendera Palestina maupun dukungan-dukungan para fans sepak bola yang hadir di Qatar melalui lagu Rajawi Falestin yang kini viral di seantero dunia.

Piala dunia seperti menjadi sebuah gerakan raksasa dengan memanfaatkan 5 miliar lebih komunitas pecinta sepak bola di seluruh dunia untuk menjaga Planet bumi dari kehancuran dan menyemaikan perdamaian untuk masyarakat Palestina.

Sebuah gerakan moral yang impresif dan dinilai banyak kalangan sebagai cara yang tepat untuk mengkampanyekan keprihatinan pada climate change dan tragedi kemanusiaan tiada henti di Palestina.

Sepak bola mempunyai magnet yang menarik perhatian lebih dari setengah penduduk bumi. Miliaran manusia mengikuti setiap pertandingan dengan penuh kebahagiaan baik mereka yang datang secara langsung ke Qatar atau mereka yang menonton dengan jaringan live streaming maupun televisi.

Dalam sepak bola, batas-batas primordial menjadi lebur. Latar belakang suku, agama, ras, antargolongan (SARA) tidak menjadi penghalang kebersamaan mereka. Semua orang hanya menyandang satu identitas, footballer, pesebak bola.

Disamping sepak bola juga sarat emosi positif. Para suporter hanya memiliki satu rasa, cita, harapan, dan visi. Yaitu, keberhasilan dan kemenangan team favoritnya dalam setiap pertandingan.

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

Bulan Rajab Adalah Bulan Menanam

Kamis, 2 Februari 2023 | 14:12 WIB
X