Lagu Ojo Dibandingke Akan Dinyanyikan Saat Nguntu Mandu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:40 WIB
Net
Net

MoeslimChoice.Acara ngunduh mantu pernikahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina S Gudono baik di Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran akan diiringi karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

Ada dua tim atau grup karawitan yang dipersiapkan untuk acara ngunduh mantu di Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran.

Mereka pun terus melakukan persiapan dengan berlatih hampir setiap hari sampai menjelang acara ngunduh mantu.

"Kita sudah 90 persen untuk persiapan di acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina," ujar Koordinator Pentas Seni ISI Solo, Guntur Sulistiyono saa ditemui disela-sela latihan di ISI Solo, Jumat (2/12/2022).

Ada dua kelompok ISI Solo yang dipersiapkan. Satu main di Loji Gandrung dan satu tim di Pura Mangkunegaran. 

"Persiapan sudah satu bulan ini dan untuk latihan cuma satu kali. Kita tidak perlu latihan lama-lama, karena itu tidak efektif," katanya.

Menurutnya, ada permintaan khusus dari keluarga untuk gending yang dimainkan saat di Pura Mangkunegaran. Itu seperti lagu Ojo Dibandingke, itu nanti di transkrip di gamelan dengan suara sinden.

Ada juga kinanti, maskumambang dan ibu pertiwi. Itu ada pada saat Pak Jokowi dan Ibu Iriana turun dari kereta kencana di Pura Mangkunegaran. 

Saat masuk nanti ada bowo, yakni tembang yang dipergunakan untuk memulai atau mengawali satu gending yang dilakukan seorang pria.

Halaman:

Editor: Irma

Terkini

X