• Minggu, 5 Februari 2023

Didukung Supporter yang Sopan, Jepang Melaju ke 16 Besar

- Jumat, 2 Desember 2022 | 13:00 WIB

MoeslimChoice.Ritsu Doan dan Ao Tanaka memberikan Jepang kemenangan yang menakjubkan 2-1 atas Spanyol dalam pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 pada Kamis (1/12/2022) waktu Doha, Qatar. Dengan hasil tersebut, kedua tim dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Ribuan supporter Jepang yang terkenal sangat tertib dan sopan mengekspresikan kegembiraan mereka setelah Jepang unggul atas Spanyo. Seperti biasanya, ribuan supporter itu turun membantu membersihkan sampah-sampah di stadion tadi malam.

Ya memang. Dari semua kejadian yang tak terduga di Piala Dunia 2022 sejauh ini, mungkin salah satu yang terbesar adalah Jepang lolos ke babak 16 besar. Lawan Jepang berikutnya adalah Kroasia.

Tim berkostum merah-putih dengan motif papan catur itu mesti berhati-hati karena 'Samurai Biru' - julukan timnas Jepang - tak lagi bisa dipandang sebelah mata. Taktik pergantian pemain mereka telah menumbangkan dua raksasa sepak bola dunia, yakni Jerman dan Spanyol.

Dilansir BBC, Jumat (2/12/2022), banyak orang mungkin menganggap kemenangan Jepang atas Jerman pada pertandingan perdananya adalah hal yang janggal. Apalagi, pada laga selanjutnya Jepang dikalahkan Kosta Rika sehingga peluangnya untuk menjangkau babak 16 besar terbilang minim.

Akan tetapi, Jepang berhasil membalikkan keadaan. Di Stadion Internasional Khalifa, tim asuhan Hajime Moriyasu melakukan penampilan gemilang saat melawan Spanyol dan secara tak terduga muncul sebagai juara Grup E.

Timnas Jepang menjadi tim ketiga dalam sejarah Piala Dunia yang tertinggal pada babak pertama, namun berujung pada kemenangan. Dua tim lainnya yang mencetak prestasi itu adalah timnas Brasil pada Piala Dunia 1938 dan Jerman Barat pada Piala Dunia 1970.

Efek pemain cadangan Jepang

Para pemain cadangan yang diturunkan Jepang telah mencetak dua gol saat melawan Jerman. Mereka kembali berperan penting saat menghadapi timnas Spanyol.

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

Bulan Rajab Adalah Bulan Menanam

Kamis, 2 Februari 2023 | 14:12 WIB
X