• Minggu, 5 Februari 2023

Qatar Promosikan Nilai-nilai Islam Lewat Masjid Biru Katara Selama Piala Dunia 2022

- Kamis, 1 Desember 2022 | 22:45 WIB
FOTO/NET
FOTO/NET

MoeslimChoice. Duta Piala Dunia 2022 Ghanim Al Muftah dan aktor kawakan Hollywood Morgan Freeman adalah dua sosok yang menjadi perhatian dunia dengan pesan-pesan kemanusiaannya saat pembukaan gelaran Piala Dunia 2022, di Stadion Al Bayt Doha, Qatar, Minggu (20/11/2022). 

Sejak dibuka ajang Piala Dunia 2022, Qatar berupaya menekankan nilai-nilai universal Islam kepada negara peserta dan suporter dari seluruh dunia yang hadir di negara tersebut. 

Selain disampaikan dalam momen pembukaan piala dunia, Qatar juga mempromosikan nilai-nilai Islam dan budaya lewat Masjid Biru di Katara, Doha atau yang dikenal dengan nama The Great Mosque Katara. 
Masjid dengan pesona warna birunya itu, menjadi salah satu karya untuk mempromosikan desa budaya (cultural village) di Qatar. Selama perhelatan Piala Dunia 2022, pihak otoritas Masjid mempersilakan para suporter non-Muslim dari seluruh dunia untuk mengunjungi dan mengenal lebih dalam nilai-nilai universal ajaran Islam.

Dikutip dari bahrainmomens.com, gelaran Piala Dunia 2022 menghadirkan ribuan atraksi budaya yang bisa dinikmati oleh fans setiap harinya di desa budaya, salah satunya, pesona Masjid Biru Katara. 

Seperti diberitakan media Qatar, The Peninsula, tujuan menggelar cultural village di dekat Masjid adalah untuk memperkenalkan fans dan turis pada budaya pakaian, makanan dan minuman Qatar, serta adat istiadat, dan tradisi.

"Sebagian besar pertanyaan mereka adalah tentang hubungan sosial keluarga Qatar dan tradisi pernikahan. Juga pertanyaan sosial mereka sebagian besar tentang kehidupan seorang Muslim berdasarkan nilai-nilai Islam," kata relawan Masjid, Umm Ahmed, seperti dilansir dari NU Online, Kamis (1/12/2022). 

"Banyak pengunjung mengakui, pandangan mereka tentang Islam dan Muslim dinodai, oleh banyak prasangka yang tidak dapat dibenarkan, tetapi berada di Qatar telah membantu mengubah pandangan mereka 180 derajat," tambah Umm Ahmed.

Para suporter non-muslim penasaran, saat setiap adzan berkumandang dari Masjid tersebut. Sudah banyak dari mereka yang memasuki pelataran Masjid dan mengambil foto serta video. 

Pesona masjid biru semakin indah, ketika para pengurus Masjid menyambut para tamu non-muslim yang datang. Mereka mempersilakan para pengunjung untuk masuk dan menjelaskan segala hal tentang Masjid tersebut. 

Halaman:

Editor: Melati

Terkini

Bulan Rajab Adalah Bulan Menanam

Kamis, 2 Februari 2023 | 14:12 WIB
X