• Minggu, 5 Februari 2023

Mauna Loa, Gunung Api Terbesar di Dunia Meletus

- Kamis, 1 Desember 2022 | 12:50 WIB

MoeslimChoice.Inilah Mauna Loa, gunung berapi aktif terbesar di dunia. Kemarin Mauna Loa meletus untuk pertama kalinya sejak 1984. Lava bersuhu 1.000 derajat Celsius mengalir di sisi gunung berapi, namun para ahli mengatakan ini belum menimbulkan ancaman besar bagi penduduk setempat.

Mauna Loa, yang berarti "gunung panjang" dalam bahasa Hawaii, adalah gunung berapi aktif terbesar di dunia. Luasnya mencakup 5.271 kilometer persegi dan merupakan salah satu dari rangkaian lima gunung berapi yang membentuk Pulau Besar Hawaii.

Dilansir dari BBC, Kamis (1/12/2022), gunung berapi yang satu ini saja mencakup setengah dari seluruh pulau.   Puncak Mauna Loa berada di ketinggian 4.170 meter di atas permukaan laut, tetapi dasarnya berada di dasar laut. Jarak dari dasar ke puncak adalah 9.179 meter, berarti Mauna Loa lebih tinggi dari Gunung Everest.

Gumpalan material super panas yang disebut magma telah meluap di bawah Mauna Loa dan gunung berapi di sekitarnya dari "hotspot" yang terletak jauh di dalam Bumi.

"Tidak ada yang tahu persis mengapa hotspot ini ada," kata Dr Carmen Solana, seorang ahli vulkanologi di Universitas Portsmouth, Inggris, "tetapi itu mungkin disebabkan oleh peluruhan bahan radioaktif di dalam mantel Bumi.

"Gumpalan magma ini membentuk seluruh Kepulauan Hawaii."

Ketika Mauna Loa meletus, kata Dr Solana, magma pertama kali muncul di kaldera - lubang berbentuk mangkuk di puncak gunung berapi. Disebut Mokuaweoweo, kaldera ini mencakup area seluas 15 kilometer persegi dan kedalaman 180 meter.

Ketika gunung berapi meletus. Magma kemudian mengalir keluar dari celah di bebatuan, di sisi gunung berapi, dan menuruni lereng gunung. Magma yang telah keluar ke permukaan bumi disebut lava. Bersuhu 1.000 C, ia membakar semua yang ada di jalannya.

Ketika gunung berapi meletus, mereka juga memancarkan materi yang mendingin untuk membentuk pecahan kaca yang disebut Pele's Hair.

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

Bulan Rajab Adalah Bulan Menanam

Kamis, 2 Februari 2023 | 14:12 WIB
X