Ratusan Nelayan Muba Terima Paket Konversi BBM ke BBG

- Jumat, 18 November 2022 | 19:30 WIB

MoeslimChoice.Penjabat Bupati Musi Banyuasin (Muba) Drs H Apriyadi MSi diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Muba Drs H M Yusuf Amilin membuka sosialisasi Pendistribusian paket konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG), untuk kapal penangkap ikan bagi nelayan sasaran di Kabupaten Muba tahun 2022, di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Lawang Wetan, Jumat (18/11/2022).

Dalam kesempatan itu Asisten II  berharap,  bantuan dari Program Kemitraan Kementerian ESDM dan Komisi VII DPR RI tersebut dapat ditingkatkan pada tahun yang akan datang.

Menurutnya, denga bantuan paket konversi BBM ke BBG dapat meningkatkan perekonomian nelayan dan sangat membantu meringankan beban para nelayan, karena menggunakan mesin yang berbahan bakar gas sehingga bisa mengurangi pengeluaran para nelayan dalam penggunaan BBM.

Selain itu juga sinergi dengan program penanggulangan dampak inflasi kenaikan harga BBM yang saat ini tengah gencar dilakukan oleh pemerintah.

"Ini bentuk kecintaan Pemerintah Pusat kepada warganya. Untuk itu kami mewakili seluruh nelayan mengucapkan terimakasih, kalau ada program-program lain bawa lagi ke Kabupaten Muba," ucapnya.

Disamping itu Yusuf Amilin juga berharap kepada Kementerian ESDM dan Komisi VII DPR RI dapat mendorong penambahan jaringan gas rumah tangga di Kabupaten Muba yang saat ini sudah ada di Kecamatan Sekayu dan Sungai Lilin.

"Kami sangat berharap jaringan gas rumah tangga ini dapat dialokasikan untuk Kecamatan Babat Toman dan Lawang Wetan, mengingat daerah kita merupakan salah satu penghasil Migas," kata Yusuf.

Jefri Nainggolan selaku Analis Infrastruktur Direktorat Perencanaan dan Pengembangan Infrastruktur Migas, Direktorat Jendral Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Muba melalui Dinas Perikanan dalam berkoordinasi dengan Kementerian ESDM dan Komisi VII DPR RI mendorong pendistribusian paket konversi BBM ke BBG untuk kapal penangkap ikan sehingga terealisasi sebanyak 355 paket, yang mana sudah pernah dilakukan pada tahun 2020 sebanyak 1035 paket.

"Memang luar biasa koordinasi Pemkab Muba memperjuangkan bapak ibu nelayan. Bantuan ini mohon dijaga sebaik-baiknya dan jangan dijual atau dipindah tangankan, karena yang sudah menerima tidak bisa mendapatkan lagi pada tahun yang akan datang," kata Jefri.

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

X