Hampir Seabad Usianya, DrM Tegar Bertarung di GE15 Besok

- Jumat, 18 November 2022 | 13:50 WIB

MoeslimChoice.Besok, Sabtu (19/11/2022), Malaysia melaksanakan Pemilihan Umum Ke-15 (GE15), di mana salah satu tokoh yang ikut berkompetisi adalah mantan Perdana Menteri (PM) Dr Tun Mahathir Mohamad (DrM). Padahal usianya sudah sangat sepuh, 97 tahun.

Usia sepuh DrM oleh sebagian kalangan di Malaysia dipandang sebagai ironi GE15. Karena usia pemilih pada pemilu kali ini diturunkan dari 21 tahun menjadi 18 tahun. Ini perubahan pertama kalinya dalam sejarah Malaysia sejak merdeka pada 1957.

Dilansir dari BBC, Jumat (18/11/2022), Meski demikian DrM tetap populer baik di kalangan rival politik maupun pendukung, walaupun pengaruhnya mungkin berkurang.

Apa saja motivasinya untuk tetap aktif di panggung politik, berkampanye di seluruh negeri guna mendukung calon-calon dari partai yang baru didirikannya, Partai Pejuang?

BBC menemui mantan Perdana Menteri Malaysia Tun Mahathir Mohamad di salah satu kantornya di Kuala Lumpur menjelang GE15.

Di belakang meja, dia duduk dan membaca surat kabar. Stafnya menyediakan air minum di samping meja. Staf satu lagi mengambil remote control untuk menutup tirai. Mereka semua memanggilnya dengan sebutan Tun, gelar tertinggi yang diberikan langsung oleh raja Malaysia atas jasa-jasanya kepada bangsa dan negara.

DrM yang karib disapa Tun itu tampak sehat, segar dan murah senyum. Ketajamannya tak pudar dan sigap menjawab atau menangkis pertanyaan-pertanyaan - seperti biasanya.

"Selama saya mampu bekerja, mampu berpartisipasi, saya pikir tugas saya membantu generasi baru untuk mengembalikan pemerintahan seperti sebelumnya yang menjadikan Malaysia disebut sebagai macan Asia."

Itulah jawabannya atas pertanyaan apa yang hendak dicapai dengan maju bertanding dalam pemilu untuk mewakili daerah pemilihan Langkawi.

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

X