Direktur RS Indonesia: Apartemen Kebakaran, 21 Tewas

- Jumat, 18 November 2022 | 13:30 WIB

MoeslimChoice.Direktur Rumah Sakit (RS) Indonesia di Gaza, Palestina, Dr Salah Abu Laila mengatakan bahwa sedikitnya 21 orang tewas, 10 di antaranya anak-anak. Mereka merupakan korban kebakaran yang terjadi di apartemen di Kamp Pengungsi Palestina di Jabalia.

Menurut Dr Abu Laila, api yang melanda Kamp Pengungsi Jabalia cukup besar. Orang-orang terlihat berteriak ketika gedung terbakar, sementara kerabat korban menangis dan berdoa di luar gedung.

Seorang warga setempat yang bergegas ke tempat kejadian mengatakan bahwa bensin disimpan di dalam gedung untuk "mengoperasikan generator".

Seorang saksi mata mengatakan kepada BBC: "Sangat sulit, anak-anak dan perempuan terbakar tanpa kemungkinan untuk menyelamatkan mereka."

Menurut petugas keamanan, keluarga tersebut sedang merayakan kepulangan salah satu kerabat mereka dari luar negeri.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang berada di Tepi Barat menyebut kejadian tersebut sebagai tragedi nasional dan mengumumkan hari berkabung pada Jumat (18/11/2022).

Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz merilis cuitan berisi pernyataan bahwa stafnya akan membantu "evakuasi kemanusiaan korban luka ke rumah sakit (Israel)".

Kebakaran mematikan - kerap disebabkan oleh lilin - telah berulang kali terjadi di Gaza karena kekurangan listrik yang parah.

Ini terkait dengan blokade yang diberlakukan di wilayah itu oleh Israel dan Mesir guna mengantisipasi kelompok milisi di sana serta perselisihan politik internal Palestina.

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

X