Inilah 6 Buah yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan Pagi

- Jumat, 18 November 2022 | 07:00 WIB
foto/net
foto/net

MoeslimChoice. Buah dikenal sebagai makanan sehat, yang tak hanya mengandung vitamin, namun juga  mineral. Buah sangat baik untuk mengoptimalkan kerja tubuh. Buah, selain memiliki rasa manis yang alami, juga kaya akan serat yang dapat membantu sistem pencernaan dan membantu menurunkan kadar kolesterol. Tak jarang, banyak orang yang  memakan buah saat sarapan karena kepraktisannya dan khasiatnya.

Namun, tahukah Anda, ada beberapa buah yang sebaiknya tidak dimakan atau dikonsumsi pada pagi hari? Jika Anda mengonsumsinya, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah dengan lambung.

Berikut 6 Buah yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Saat Sarapan, seperti dilansir dari hellosehat.com:

1. Semangka
Semangka memang enak dinikmati di siang hari saat udara terik, namun tidak dengan pagi hari. Rasa manis pada semangka disebabkan oleh tingginya level fruktosa. Menurut Julia Greer, MD, seorang asisten dosen kedokteran di University of Pittsburgh, yang dikutip oleh Prevention.com menyatakan, bahwa kira-kira 30 sampai 40 persen, orang tidak mampu untuk menyerap fruktosa seluruhnya, sehingga menyebabkan perut kembung, gas berlebih, serta diare.


2. Jeruk
Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari buah jeruk. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk memiliki manfaat untuk sistem kekebalan tubuh dan membuat kulit menjadi sehat. Namun, memakan buah jeruk berlebihan saat pagi hari, dapat mengakibatkan kram perut dan diare, sebab jeruk mengandung serat yang tinggi. 

Kelebihan vitamin C (lebih dari 2000 mg per hari) akan membuat Anda mual, muntah, mulas, kembung, sakit kepala, hingga penyakit batu ginjal. Menurut Laura Flores, ahli nutrisi dari San Diego, yang dikutip Livescience.com, jeruk termasuk makanan dengan asam yang tinggi, dan hal ini dapat menimbulkan panas lambung. Orang yang memiliki masalah dengan refluks asam lambung akan mudah mengalami mulas ketika makan terlalu banyak jeruk.


3. Salak
Buah ini mengandung vitamin C, kalsium, beta-karoten, zat besi, dan tanin (turunan dari asam gallic). Dilihat dari kandungannya, tentu saja salak memiliki manfaat untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan kardiovaskular. 

Namun, Anda harus hindari memakan salak di pagi hari jika Anda memiliki ulkus lambung. Hal ini dikarenakan salak mengandung tanin yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan iritasi lambung, mual, muntah, dan masalah pada hati.


4. Persik (peach)
Buah ini memiliki serat tinggi dan dapat mengurangi kolesterol serta sembelit. Namun tahukah Anda bahwa persik juga mengandung sorbitol? Sorbitol sulit dicerna sehingga akan mengakibatkan produksi gas. Memakannya pada pagi hari, dapat menyebabkan Anda kembung. 

Halaman:

Editor: Melati

Terkini

X