Angklung dan Pameran Batik akan Tampil di Piala Dunia 2022 Qatar

- Kamis, 17 November 2022 | 21:30 WIB
foto/net
foto/net

MoeslimChoice. Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 menggandeng sejumlah pihak untuk memeriahkan gelaran Piala Dunia 2022. Salah satu pihak yang digandeng panitia penyelenggara Piala Dunia 2022 adalah Katara Cultural Village Foundation. 

Katara Cultural Village Foundation merupakan pusat kebudayaan yang berlokasi di Doha dan sering menampilkan pertunjukkan teater, sastra, musik, seni visual dan pameran. Dan pada Piala Dunia 2022 kali ini, Katara Cultural Village Foundation bekerja sama dengan kantor Kedutaan Besar negara-negara di Qatar membuat pertunjukan seni guna menyambut turnamen empat tahunan itu.  

Katara akan menampilkan deretan pameran dan pentas seni dari banyak negara, salah satunya dari Indonesia. Dan Indonesia akan menampilkan alat musik tradisional angklung, untuk ikut menyemarakkan gelaran Piala Dunia 2022 Qatar.

Dilansir dari laman resmi Katara.net, performa angklung akan digelar di Al-Ibdaa Courtyard Gedung Katara pada 18-28 November 2022, pukul 18.00-20.00 waktu setempat.  

Dalam pelaksanaan ekshibisi musik tersebut, Katara dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Qatar menggandeng Saung Angklung Udjo Bandung. Informasi ini disampaikan Kedutaan Besar Indonesia untuk Qatar di laman resmi instagram @indonesiaindoha.  

"Saung Angklung Udjo comes to Doha! Not only will you be able to watch spectacular performances you will also be able to learn and play this unique instrument!" tulisnya, seperti dilansir dari NU Online.

Terjemahan tulisan tersebut adalah, "Saung Angklung Udjo datang ke Doha! Anda tidak hanya dapat menyaksikan pertunjukan spektakuler, tetapi Anda juga bisa belajar dan memainkan alat musik unik ini!" 

Dalam sejarahnya, alat musik dari bambu ini telah berusia 400 tahun dan berasal dari Jawa Barat. Pada 16 November 2022, alat musik tradisional ini resmi dinobatkan sebagai warisan budaya tak benda kemanusiaan oleh UNESCO di Nairobi, Kenya. 

Selain pertunjukkan angklung, Katara Cultural Village Foundation, juga akan menyajikan eksibisi pembuatan batik, yang akan digelar pada 1 Desember hingga 8 Desember 2022 mulai pukul 10.00-22.00 waktu setempat. 

Halaman:

Editor: Melati

Terkini

X