Wow..Ternyata, Labu Air Sangat Menyehatkan

- Kamis, 17 November 2022 | 20:30 WIB

MoeslimChoice.Ini keren. Labu Air atau di beberapa daerah disebut Labu Manis, ternyata tidak saja enak dan gampang dimasak. Labu Air rupanya punya banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Ada segudang nutrisinya.

dr. Valda Garcia dilansir dari Klikdokter.com, Kamis (17/11/2022), mengatakan Labu Air dengan nama latin Lagenaria siceraria ini punya banyak manfaat.

Berdasarkan informasi gizi dari Data Komposisi Pangan Indonesia oleh Kementerian Kesehatan, 100 gram labu air mengandung:
    Air: 95 g
    Energi: 19 Kal
    Protein: 0,6 g
    Lemak: 0,2 g
    Karbohidrat: 3,8 g
    Serat: 0,6 g
    Kalsium: 12 mg
    Besi: 0,6 mg
    Natrium: 2 mg
    Tembaga: 0,03 mg
    Zink: 0,8 mg
    Vitamin C: 10 mg

Manfaat Labu Air untuk Kesehatan Tubuh
Melihat beragam nutrisi yang dikandungnya, berikut ini beberapa manfaat labu air yang dapat menguntungkan tubuhmu:

1. Membuat Tubuh Tetap Terhidrasi
Labu air bisa menjadi alternatif cairan untuk menghidrasi tubuh. Lagi pula, memang pemenuhan cairan tidak harus dari minuman saja, bisa juga dari makanan.

2. Membantu Detoks
Kandungan air yang cukup tinggi di dalam labu air dapat membantu memperlancar proses detoksifikasi di dalam tubuh.

3. Mengelola Gula Darah
Menurut info dari International Journal of Green Pharmacy, labu air ternyata bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Hasil ini didapat setelah rutin meminum sari labu air selama 90 hari berturut-turut.

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Kandungan vitamin C pada labu air bisa membantu memelihara daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin ini termasuk salah satu antioksidan kuat alami yang mampu menangkal radikal bebas berbahaya.

5. Terhindar dari Sembelit
Karena banyak kandungan air, labu air berkhasiat untuk sistem pencernaan dengan memudahkan pergerakan makanan melalui usus sampai dikeluarkan dari tubuh. Hal ini tentunya dapat membantu meredakan sembelit.

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

X