Covid-19 Varian XBB Mulai Muncul di Jabar, Begini Respon Ridwan Kamil

- Kamis, 17 November 2022 | 15:45 WIB
foto/net
foto/net

MoeslimChoice. Menyusul kabar bahwa penyebaran Covid-19 subvarian XBB, yang telah terdeteksi di Jawa Barat, Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mendorong masyarakat untuk melakukan vaksinasi. Namun, saat ini Pemprov Jabar tengah masih menunggu Vaksin Indovac bisa didistribusikan dan mulai dipakai di masyarakat. 

"Semua jadi perhatian khusus, semua dianalisa. Tetapi harus diingat, kami menyuntikkan vaksin ini di Indonesia sudah lebih dari 400 juta. Kedua, kami punya vaksin dalam negeri yang produksinya bisa tetap dikontrol, namanya Indovac dari Biofarma. Jadi, benteng pertahanan kami lebih baik," kata Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, di kampus Universitas Padjajaran (Unpad) Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, seperti dilansir dari jpnn, Kamis (17/11/2022). 

Lebih lanjut, Pemprov Jabar pun rutin mengecek keterisian ranjang di rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR). Dia menilai, apabila terjadi peningkatan di rumah sakit, maka ada varian Covid-19 yang tidak bisa diprediksi. 

"Tetapi kalau di rumah sakitnya rendah itu masih sama dengan varian lain. Tetapi ada orang yang kena penyakit, tetapi tidak fatal karena tidak divaksin. Sudah istirahat saja, makan obat (kemudian) tunggu sembuh lagi," tambahnya. 

Lebih lanjut, pria yang karib disapa Kang Emil itu, hingga kini masih menunggu vaksin Indovac produksi Biofarma, untuk bisa digunakan dan disuntikkan kepada masyarakat. 

"Saya (belum) ada kabar. (Masih) menunggu, tetapi produksinya sudah," ungkap Gubernur. [mt]

 

Editor: Melati

Terkini

X