5 Makanan Sehat Ini Cegah Kanker Sejak Dini, Yukk Rutin Konsumsi

- Rabu, 16 November 2022 | 21:15 WIB
foto/net
foto/net

MoeslimChoice. Salah satu penyakit yang menjadi momok setiap orang adalah Kanker. Kanker merupakan penyakit mematikan yang banyak menyerang orang saat ini tanpa membedakan satu sama lain. Di antara beberapa penyebabnya adalah seperti genetika dan lingkungan, yang tentu saja berada di luar kemampuan kita untuk mengendalikannya, namun 70 persen faktor risiko kanker berada dalam kemampuan kita untuk bisa mencegahnya. 

Selain menghindari rokok, membatasi alkohol, mencapai berat badan yang sehat, dan berolahraga secara teratur, penting untuk dicatat bahwa salah satu cara untuk mencegah dan mengobati kanker adalah melalui makan makanan padat nutrisi dan menghindari hal-hal yang diketahui bisa meningkatkan risiko kanker

Seperti diketahui bahwa apa yang kita makan dan tidak makan, memiliki efek yang kuat pada kesehatan kita, termasuk risiko terkena kanker. 

Berikut 5 Makanan Sehat untuk Mencegah Kanker Sejak Dini, seperti dilansir dari laman Pulse.ng: 

1. Tomat 
Penelitian telah menunjukkan bahwa likopen adalah senyawa yang ditemukan dalam tomat yang bertanggung jawab atas warna merahnya yang cerah serta sifat antikankernya. Inilah sebabnya mengapa para ilmuwan mengklaim bahwa peningkatan asupan likopen dan tomat bisa menyebabkan penurunan risiko kanker prostat. 

Namun, untuk meningkatkan asupan likopen, sertakan satu atau dua porsi tomat dalam diet Anda setiap hari dengan menambahkannya ke sandwich, salad, saus, atau hidangan pasta. 


2. Jeruk 

Faktanya, orang yang mengonsumsi lebih banyak makanan sehat, seperti jeruk memiliki risiko lebih rendah terkena kanker saluran pencernaan dan saluran pernapasan bagian atas.

Sebuah tinjauan terhadap sembilan penelitian juga menemukan, bahwa asupan buah jeruk yang lebih besar dikaitkan dengan penurunan risiko kanker pankreas. Terakhir, tinjauan terhadap 14 penelitian menunjukkan, bahwa asupan tinggi atau setidaknya tiga porsi per minggu, buah jeruk, mengurangi risiko kanker perut sebesar 28 persen. 

Halaman:

Editor: Melati

Terkini

X