Bukan Hal Buruk! Ngidam Makanan Tanda Tubuh Butuh Asupan Nutrisi

- Rabu, 16 November 2022 | 08:30 WIB
Net
Net

MoeslimChoice.Ternyata ngidam makanan menjadi pertanda bahwa tubuh perlu asupan nutrisi tertentu.

Ngidam atau ingin makan sesuatu seringkali disalah artikan sebagai hal yang buruk. Banyak orang yang menekan nafsu makannya hanya dengan alasan mengendalikan asupan kalori yang masuk.

Ternyata ngidam makanan disebutkan oleh ahli sebagai salah satu cara tubuh berkomunikasi. Ngidam bukan hanya sembarang keinginan makan yang tak penting.

Ngidam makanan menjadi pertanda bahwa tubuh sedang mengalami kondisi tertentu yang membutuhkan pertolongan dari asupan nutrisi. Melalui penelitian dan pengamatan yang panjang, ahli gizi menyimpulkan bahwa ngidam makanan bukan sesuatu yang harus dihindari. Simak penjelasannya.

Mengutip Mashed (13/11) sebanyak hampir 100% wanita muda dan 70% pria akan mengalami ngidam makanan sepanjang tahun. Ngidam makanan ini dikirimkan oleh tubuh untuk tetap menjalankan fungsinya dengan efektif dan menjaga kesehatan.

Pernahkah kamu merasa lapar ketika bangun tidur? Ternyata perasaan lapar ini menjadi sinyal bahwa tubuh sedang kebingungan antara haus atau lapar. Pada momen ini ahli gizi menyarankan untuk setidaknya minum segelas air terlebih dahulu untuk mengatasi dehidrasi.

Selain itu seringkali juga banyak orang yang tiba-tiba menginginkan makanan cepat saji yang tak sehat. Ternyata keinginan makan tersebut menandakan bahwa tubuh sedang mengalami stres yang cukup mengganggu pikiran.

Beberapa ahli gizi juga menyebutkan bahwa keinginan makan sesuatu menandakan tubuh sedang kekurangan vitamin tertentu. Misalnya ketika menginginkan untuk makan cokelat, soda atau makanan dengan cita rasa yang asin.

Ketika ingin makan cokelat ternyata tubuh sedang kekurangan magnesium. Magnesium memiliki peran penting untuk mendukung kerja otot, fungsi saraf dan produksi energi.

Halaman:

Editor: Irma

Terkini

X