Pemilu, Malaysia Libur 2 Hari Plus Jalan Tol-Pulsa Gratis

- Senin, 14 November 2022 | 22:04 WIB
PM Malaysia
PM Malaysia

MoeslimChoice.Malaysia akan melaksanakan Pemilihan Umum Ke-15 (GE15) pada 19 November 2022. Untuk itu tanggal 18-19 November dinyatakan sebagai hari libur nasional, agar pemilih dapat melaksanakan hak pilih mereka di kampung halaman.

Pengumuman itu disampaikan Perdana Menteri Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob, Senin (14/11/2022), di mana ia juga mengatakan tidak akan ada biaya tol selama dua hari tersebut bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

"Saya tahu banyak yang menunggu pengumuman dan dengan ini saya mengumumkan hari libur nasional untuk 18 dan 19 November," katanya pada Upacara Peletakan Batu Pertama Markas Cuepacs dilansir dari The Star.

Hari pemungutan suara untuk GE15 adalah pada 19 November. Ismail Sabri menjelaskan, 19 November ditetapkan sebagai hari libur umum, karena beberapa perusahaan swasta beroperasi pada hari Sabtu dan beberapa karyawan mungkin tidak dapat memberikan suara mereka.

"Kami ingin memastikan warga Malaysia dapat menggunakan hak mereka sebagaimana diatur dengan jelas dalam Konstitusi Federal.

"Tidak ada yang bisa mencegah warga negara menggunakan hak pilihnya," katanya.

Mengenai tol gratis, Perdana Menteri mengatakan ini akan berlaku di jalan raya yang disediakan oleh 30 pemegang konsesi.

Pulsa gratis dimulai dari pukul 12.01 pada 18 November hingga 23.59 pada 19 November.

Pemerintah negara bagian Negri Sembilan, Penang dan Selangor juga telah menyatakan 18 November sebagai hari libur umum.

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

X