Duh..Turki Tolak Ucapan Belasungkawa dari Amerika Serikat

- Senin, 14 November 2022 | 17:21 WIB
Ledakan bom di Ankara, Turki
Ledakan bom di Ankara, Turki

MoeslimChoice.Turkiye (Turki) pada hari Senin (14/11/2022) menolak belasungkawa Amerika Serikat (AS) atas kematian enam orang dalam serangan bom di Istanbul, yang dituduhkan Ankara dilakukan oleh kelompok militan Kurdi yang dilarang.

Presiden Recep Tayyip Erdogan sering menuduh Washington memasok senjata kepada pejuang Kurdi di Suriah utara, yang dianggap sebagai “teroris” oleh Ankara.

“Kami tidak menerima pesan ucapan belasungkawa dari Kedutaan Besar Amerika Serikat. Kami menolaknya,” kata Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu dalam komentar yang disiarkan televisi hari ini.

Sebelumnya diberitakan, sedikitnya enam orang tewas dan 53 lainnya luka-luka dalam ledakan di kawasan sibuk di Istanbul tengah, kata pihak berwenang Turki.

Ledakan itu terjadi sekitar pukul 16:20 waktu setempat (13:20 GMT) di sebuah jalan perbelanjaan di kawasan Taksim Square, kata gubernur kota Turki Ali Yerlikaya.

Tidak jelas apa yang menyebabkan ledakan, yang tampaknya telah direkam di video media sosial.

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan para pelaku akan dihukum.

Ada banyak polisi di sekitar Jalan Istiklal, yang telah ditutup. Helikopter berputar-putar di atas saat ambulans bolak-balik.

Saksi mata Cemal Denizci berada sekitar 50m (54 yard) ketika mendengar ledakan. "Saya melihat tiga atau empat orang di tanah," katanya kepada AFP.

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

X