6 Tewas dan 53 Luka-luka dalam Ledakan di Pusat Kota Istanbul, Turki

- Senin, 14 November 2022 | 07:45 WIB
foto/net
foto/net

MoeslimChoice. Sedikitnya enam orang tewas dan 53 luka-luka dalam ledakan yang terjadi pada Minggu (13/11/2022) di kawasan wisata populer di Istanbul, Turki.

Video yang diposting di media sosial, memperlihatkan mayat yang tergeletak di tanah di Jalan Istiklal Avenue yang ramai sibuk di kota itu, setelah ledakan sekitar pukul 16:20 (waktu setempat).

Mengkonfirmasi jumlah korban, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menggambarkan ledakan itu sebagai 'serangan teroris', hingga membuat Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengutuk insiden tersebut.

Istiklal Avenue adalah Pusat perbelanjaan pejalan kaki yang biasanya ramai dan menjadi hotspot bagi wisatawan.

Berbicara sebelum berangkat ke KTT G20 di Bali, Erdogan mengatakan: "Bangsa kita harus memastikan bahwa para pelaku insiden di Jalan Istiklal akan dihukum sebagaimana mestinya."

Meskipun belum dipastikan sebagai serangan teror, namun pemimpin Turki itu menambahkan ada "dugaan ke arah itu" dan mengisyaratkan bahwa seorang wanita mungkin terlibat dalam ledakan tersebut.

Rekaman CCTV menunjukkan seorang wanita meninggalkan tas di bangku di Jalan Istiklal dan media Turki melaporkan, seorang saksi mendengar suara tembakan di jalan-jalan di sekitar Taksim Square.

Tim investigasi anti-teror dan TKP Turki dengan cepat berada di tempat kejadian, dan langsung menutup daerah itu.

Pengawas media Turkiye telah memberlakukan larangan penyiaran di sekitar ledakan setelah rekaman palsu diposting di platform media sosial. Pembatasan juga diterapkan pada Twitter, YouTube, Instagram, dan Facebook.

Halaman:

Editor: Melati

Terkini

X