• Selasa, 7 Februari 2023

Warga Blitar Temukan 26 Granat Terkubur di Tanah

- Sabtu, 12 November 2022 | 11:44 WIB
Net
Net

MoeslimChoice.Sebanyak 26 granat ditemukan terkubur di tanah milik warga bernama Suyadi yang bertempat tinggal di Desa Dayu, Kecamatan Nglegok, Blitar. 

Kronologi penemuan granat itu bermula dari Suyadi yang tengah menggali tanah untuk pondasi rumah. Saat itu ia menemukan sebuah granat yang sudah berkarat.

Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata ada 6 granat yang ditemukan. Ia kemudian menghubungi Polsek Nglegok dan pemerintah desa setempat. Atas laporan itu, Polsek Nglegok menghubungi Polres Blitar kota dan tim Jihandak Brimob Polda Jawa Timur.

“Awal mulanya Suyadi menggali tanah tersebut untuk keperluan pembangunan pondasi rumah. Setelah menggali sedalam hampir 1 meter, cangkul Suyadi menatap sebuah besi. Setelah diambil barulah diketahui bahwa itu adalah Granat. Sebelum melaporkan temuannya tersebut Suyadi mencoba memastikan di dalam lubang tersebut ternyata di dalam nya ada 6 buah granat,” ungkap Kapolres Blitar Kota AKBP Argo Wiyono, Sabtu (12/11/2022).

Tim Jihandak Brimob Polda Jatim yang tiba di lokasi pukul 19.00 WIB, Langsung melakukan pencarian granat yang diperkirakan masih ada di dalam lobang tanah. Hasilnya petugas menemukan total 26 Granat dengan kondisi 20 utuh serta 6 lainnya dalam bentuk serpihan. Keseluruhan granat juga telah dibawa tim Jihandak Brimob Polda Jatim untuk dilakukan disposal.

“Tim Jihandak Brimob Polda Jatim melakukan pemeriksaan dan evakuasi seluruhnya berjumlah 26 buah terdiri dari 20 Granat utuh dan 6 dalam serpihan” lanjutnya.

Kondisi dari 26 Granat tersebut sudah berkarat meski begitu belum diketahui pasti apakah ke 26 Granat itu aktif atau tidak. Jenis granat yang ditemukan adalah jenis Fragmentasi. Kini seluruh granat telah dibawa oleh tim Jihandak Brimob Polda Jawa Timur untuk dilakukan disposal.

Tim Jihandak Brimob Polda Jatim juga telah melakukan sterilisasi lokasi penemuan granat. Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa lokasi tersebut telah aman dari ancaman ledakan granat.

“Saat ini granat berjumlah 26 buah tersebut sudah diamankan oleh tim Jihandak Brimob Polda Jatim dan akan dilakukan disposal,” imbuhnya. [Irm]

Halaman:

Editor: Irma

Terkini

X