Kemenlu China Pastikan Presiden Xi Jinping Hadiri KTT G20 di Bali

- Jumat, 11 November 2022 | 15:50 WIB
foto/net
foto/net

MoeslimChoice. Presiden China, Xi Jinping memastikan akan menghadiri KTT G20 di Bali, Indonesia yang akan diselenggarakan pada 14 hingga 17 November 2022. Kepastian tersebut disampaikan kementerian luar negeri China, yang dirilis pada hari ini, Jumat (11/11/2022).

Dilansir dari Arab News, usai menghadiri KTT G20, Xi Jinping akan melanjutkan perjalanannya ke Thailand dari 17 hingga 19 November 2022, untuk menghadiri KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC).

Juru bicara kementerian luar negeri China, Zhao Lijian mengatakan pada konferensi pers reguler, bahwa Xi Jinping akan bertemu Presiden AS, Joe Biden dan mitra Prancis, Emmanuel Macron di acara G20 pekan depan di Bali, serta Macky Sall dari Senegal dan Alberto Fernandez dari Argentina.

Gedung Putih telah mengkonfirmasi, bahwa Presiden AS, Joe Biden dan Xi Jinping akan bertemu pada 14 November di sela-sela KTT G20, dalam pembicaraan langsung pertama mereka sejak pemimpin AS itu menjadi Presiden.

Keduanya, Biden dan Xi Jinping pernah bertemu sebelum Biden menjabat sebagai Presiden AS. Sementara setelah menjabat, Biden dan Xi Jinping hanya berbicara melalui telepon. Mereka sering bicara melalui telepon selama 22 bulan terakhir ini. Pandemi COVID-19 dan keengganan Xi Jinping bepergian ke luar negeri, membuat mereka selalu gagal untuk bertemu secara langsung.

Pertemuan mereka selama G20 terjadi, setelah Xi Jinping yang bulan lalu kembali menjabat sebagai pemimpin Partai Komunis China untuk ketiga kalinya, yang artinya juga untuk ketiga kalinya menjabat sebagai Presiden China. 

AS dan China memiliki hubungan investasi dan perdagangan yang besar, tetapi juga saling menantang pengaruh militer dan diplomatik, terutama di kawasan Asia-Pasifik. [mt]

 

Editor: Melati

Terkini

X