Herman Deru: Cegah Stunting dengan Melaksanakan GSMP

- Jumat, 28 Oktober 2022 | 15:10 WIB

MoeslimChoice.Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) terus dimasifkan Gubernur H Herman Deru hingga kepolosok desa. Di antaranya  Desa Trikarya, Kecamatan Belitang III, Kabupaten OKU Timur.

Gubernur memberikan sambutan pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Nurul Iman, Kamis (27/10/2022). Dalam kesempatan itu, Herman Deru mengajak masyarakat produktif dengan aktivitas pemanfaatan lahan disekitar rumah tempat tinggal.

"GSMP bertujuan untuk mengubah maindset masyarakat dari pembeli menjadi penghasil termasuk menjaga kekuatan ketahanan pangan di rumah tangga. Caranya dengan menanam sendiri kebutuhan rumah tangga,"  tegasnya.

Lebih lanjut Herman Deru menyebut, Sumsel  sebagai daerah penghasil beras terbesar nomor lima di Indonesia. Tentu ketahanan pangan harus tetap terjaga termasuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari seperti cabe, tomat, sayuran dan ikan. Ini juga sebagai cara menekan  jangan terjadi inflasi.

"Sebenarnya inflasi itu tinggi karena kita ketergantungan dengan komoditas tertentu. Makanya melalui program GSMP ini kita ajak untuk menghasilkan jangan tergantung dengan komoditi yang dijual dipasaran," tambahnya.

Menjalankan  GSMP ini lanjut dia, cukup gampang diterapkan cukup  memanfaatkan perkarangan rumahnya dengan menanam cabe, tomat, hingga sayur-sayuran termasuk berternak ayam telur dan ikan.

"Tadi ibu-ibu sudah dibagikan bibit ada cabe. Kita rubah pikiran kita tadinya membeli menjadi penghasil. Ini sangat berpengaruh terhadap ketahanan pangan, jadi bibitnya  itu, Saya harapkan ibu-ibu tanam di rumah," katanya.

Tidak hanya itu, kata Herman Deru melalui program GSMP ini juga dapat mencegah stunting yang mana asupan gizi tercukupi.

"Angka kelahiran stunting kita ini tinggi yang diakibatkan pola makan. Untuk Pak Kades dan Pak Camat saya ingatkan betul masalah kecukupan gizi antara sayur dan protein ini sebab mengubah ini tidak gampang harus ada contoh dan terus disosialisasikan," terangnya.

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

X