HermanDeru: HSN 2022 Ajang Introspeksi Individu dan Kelembagaan

- Minggu, 23 Oktober 2022 | 06:20 WIB

MoeslimChoice.Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru menghadiri Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022 diselenggarakan di Griya Agung Palembang, Sabtu (22/10/2022).

Hari Santri Nasional diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2015. Sejak itu Peringatan Hari Santri ditandai dengan upacara dan berbagai kegiatan.

Dalam arahannya, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf mengatakan, peringatan HSN patut disyukuri dan dibanggakan, kebanggaan atas jasa besar para pendahulu tidak boleh mebuat santri menuntut hak atas jasa pendahulu.

Gubernur Sumsel sekaligus Mutasyar PBNU H Herman Deru mengatakan, selain menjadi ajang introspeksi individu dan kelembagaan,  digelarnya peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 oleh PWNU Sumsel dapat dijadikan momentum untuk menyaksikan semua kekuatan di internal Nahdlatul Ulama (NU).

Menurut Deru NU di Sumsel dapat dikatakan solid dimana kekuatan yang ada dan timbul secara parsial atau sporadis harus disatukan agar kekuatan yang dapat menjaga nama besar itu sendiri.

“Berbagai kehormatan telah diberikan pemerintah kepada santri dan lembaga pendidikannya mulai dari UU tentang Ponpes hingga menjadikan hari santri sebagai hari nasional,” ujar Deru.

Meskipun saat ini masih ditemui Ponpes dengan beragam dari yang modern, terdaftar hingga belum terdaftar namun semangat dalam menjadikan para anak bangsa yang dipersiapkan sebagai penerus estafet bangsa begitu luar biasa.

“NU besar bukan hanya karena banyak anggota tapi harus identik besar dengan aksi nyata lapangan,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua (Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama) PWNU Sumsel KH. Amiruddin Nahrawi mengatakan Sumsel patut bangga karena memiliki Gubernur yang menjadi Mustasyar PBNU.[ros]

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

X