• Selasa, 7 Februari 2023

Dengan Gubernur Championship, Herman Deru Kampanyekann Kendaraan Listrik

- Minggu, 16 Oktober 2022 | 12:30 WIB

MoeslimChoice.Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan kian masif mengkampanyekan penggunaan kendaraan berbahan bakar Energi Baru Terbarukan (EBT), terutama listrik.

Untuk itu digelar Kejuaraan Drag Race dan Drag Bike Gubernur Championship yang di Jakabaring Sport City (JSC), Sabtu (15/10/2022), yang diprakarsai Forum Silahturahmi Pemuda Sumatera Selatan (FSPSS) dan PT PLN (Persero).

Saat membuka Drag Race dan Drag Bike Gubernur Championship, Herman Deru mengatakan  kejuaraan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam menyosialisasikan penggunaan kendaraan listrik.

"Jangan hanya melihat kegiatan ini dari sisi pelaksanaannya, tapi apa tujuan sebenarnya. Kejuaraan ini merupakan bentuk komitmen kita dalam mengajak masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik baik mobil maupun sepeda motor. Kota sangat mendukung penggunaan EBT ini," kata Herman Deru.

Dia menilai, penggunaan kendaraan listrik menjadi salah satu langkah dalam mengakselerasi pemanfaatan EBT. Hal itu mengingat saat ini makin tingginya harga komoditas energi fosil sehingga perlunya dorongan untuk mempercepat pengembangan EBT.

"Kita ketahui, saat ini harga BBM sangat fluktuatif. Apalagi, kita merupakan negara eksportir sekaligus importir BBM tersebut. Untuk konsumsi dalam negeri saja belum mencukupi. Sebab itu, kita tidak bisa menggantungkan diri untuk menggunakan energi fosil tersebut, penggunaan EBT harus cepat dilakukan," jelasnya.

Dia menjelaskan, kegigihan Sumsel untuk segera beralih dari energi fosil ke EBT cukup beralasan. Hal itu lantaran Sumsel sendiri memiliki SDA yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi.

"Salah satu kota di Sumsel yakni Pagaralam sudah menerapkan hal itu. Dimana 100 persen energi di Kota Pagaralam memanfaatkan energi hijau atau EBT tersebut. Itu juga karena peran aktif berbagai pihak seperti PT PLN," tegasnya.

Herman Deru menegaskan, saat ini Pemprov Sumsel juga sudah mulai beralih dengan penggunaan kendaraan listrik.

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

X