• Selasa, 7 Februari 2023

Gaungkan GSMP, Pemprov Rangkul Konten Kreator dan YouTuber

- Rabu, 12 Oktober 2022 | 12:31 WIB

MoeslimChoice.Selain menyajikan konten yang kreatif, kompetitif, menarik,  berkualitas dan profesional, para konten kreator dan YouTuber diharapkan dapat mendukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang digagas Gubernur Sumsel Sumatera Selatan H Herman Deru.

Pernyataan itu diungkapkan Sekda Provinsi Ir. S.A. Supriono saat membuka Literasi Digital Provinsi Sumsel yang digelar Dinas Kominfo Sumsel, di Hotel Emilia, Selasa (11/10/2022).

"Saat ini kami berharap teman-teman konten kreator mendorong agar GSMP yang diinisiasi Gubernur Herman Deru ini tersosilisasi dengan masif ke masyarakat. Karena dengan menanam sendiri berbagai kebutuhan pokok dapat mendorong upaya kita menekan inflasi," jelas Sekda Supriono.

Selain menggalakkan masyarakat menjadi produsen untuk memenuhi kebutuhan seperti cabai, telur dan ikan, Pemprov juga berencana mengklasifikasi berbagai jenis pariwisata yang berpotensi ditonjolkan.

"Misalnya pariwisata  megalit ada di Lahat dan Pagaralam, atau pariwisata agri culture dan sebagainya," jelas dia.

Lebih jauh dikatakannya, perkembangan teknologi dan informasi era modern saat ini sudah mengalami perubahan yang sangat signifikan. Salah satunya adalah perubahan pola pikir dan tingginya kreativitas kaum milenial. Oleh karena itu, tidak heran dari keinginan manusia yang menginginkan sebuah perubahan untuk melahirkan ide-ide kreatif. Salah satu perkembangan teknologi hingga beberapa dekade saat ini adalah podcast, podcast merupakan wujud perubahan dari lahirnya media alternatif radio di new modern.

Menurutnya kehadiran teknologi digital  bagian dari kehidupan bermasyarakat kian mempertegas bahwa kita sedang berada di era percepatan transformasi digital.

Digitalisasi media saat ini, mendorong perubahan industri konten kreatif. Artinya perkembangan media membuat membuat masing-masing konten memiliki platform distribusi sendiri melalui saluran digital. Perubahan inilah yang seharusnya diikuti oleh pelaku industri yang harus mampu mengikuti perubahan zaman terutama di era industri 4.0 karena konsumen baru adalah generasi Z yang sangat digital dan sangat akrab dengan youtuber, vlogger dan podcaster daripada publik figur di televisi atau film.

Banyak contoh yang sukses dengan produktif melalui internet. Contohnya menjadi selebgram, Online shop, menjadi YouTuber, menjadi Blogger, Freelancer, hingga menjadi tutor online. Mereka yang sukses dari jalan tersebut, telah memanfaatkan perkembangan teknologi dengan sangat baik.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

X