Pentingnya Peran Orangtua dalam Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini

- Jumat, 1 April 2022 | 12:30 WIB
Sundari S.Pd
Sundari S.Pd

MoeslimChoice.Orang tua merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak-anak mereka. Karena dari para orang tua anak mula-mula menerima pendidikan,. Dengan demikian jelas bahwa bentuk pertama dari pendidikan terdapat dalam keluarga. Termasuk peran orang tua dalam mengawasi penggunaan gadget pada anak usia dini. Yaitu melakukan hak dan kewajiban mereka sebagai orang tua dalam menjalankan suatu peran untuk mendidik anak dalam pergaulan dan pengaruh penggunaan suatu alat komunikasi terhadap anak-anak yang masuk rentan usia 1-6 tahun.

Anak usia dini adalah anak yang masuk rentan usia 1-6 tahun. Usia dini merupakan masa keemasan (golden age) dalam perkembangan otak anak sehingga si kecil harus diberi rangsangan atau stimulus yang tepat, oleh karena itu, orang tua harus memahami karakteristik anak usia dini demi memastikan anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Menurut H.A Subino Hadisubroto penulis buku “keluarga muslim (dalam masyarakat modern)”, anak apabila dilihat dari perkembangan usianya dapat dibagi menjadi enam periode.

Periode pertama umur 0-3 tahun, pada periode ini yang terjadi adalah perkembangan fisik penuh. Oleh karena itu anak yang lahir dari keluarga cukup material pertumbuhan fisiknya akan baik bila dibandingkan dengan kondisi ekonomi yang rata-rata.

Periode kedua umur 3-6 tahun, pada masa ini yang berkembang adalah bahasanya. Oleh karena itu ia akan bertanya segala macam terkadang apa yang ditanya membuat kesulitan orang tua untuk menjawabnya.

Periode ketiga umur 6-9 tahun, yaitu masa social imitation (masa mencontoh). Pada usia ini, masa terbaik untuk menanamkan contoh teladan perilaku yang baik.

Periode keempat umur 9- 12 tahun, periode ini disebut tahap individual. Pada masa ini anak sudah timbul pemberontakan, dalam arti menentang apa yang tadinya dipercaya sebagai nilai atau norma.

Perkembangan teknologi saat ini sangatlah maju, dengan demikian teknologi juga sangat mempengaruhi perkembangan anak usia dini. Saat ini siapa yang tidak mengenal gadget? Gadget merupakan perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Banyak sekali fungsi, manfaat, dan dampak yang terjadi akibat gadget. Fungsi pengetahuan, media sosial, hiburan, game dan masih banyak lagi yang lainnya yang di dapat dari gadget. Perkembangan ini menghadirkan dampak baru bagi generasi muda khususnya bagi anak usia dini.

Banyaknya anak yang sudah menggunakan internet melalui gadget mereka masing-masing tentu dapat memberikan hal yang positif ataupun negatif. Hal positif ini bisa dirasakan oleh anak ketika anak menggunakan gadget untuk bermain atau menonton film yang edukatif dan tak luput dari pengawasan dari orang tua.

Ketika anak tidak diawasi oleh orang tuanya yang ditakutkan ialah ketika anak tak sengaja melihat konten negatif. Seorang anak akan mengakses gambar-gambar tersebut, apalagi di diorong dengan sifat anak yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dikhawatirkan akan membuat anak melakukan ataupun mencari tau lebih lanjut konten negatif atau kekerasan tersebut.

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

X