Anugerah Adinata Syariah 2023, Wapres Beri 4 Arahan Pengembangan Ekonomi Keuangan Syariah di Daerah

- Jumat, 26 Mei 2023 | 21:51 WIB
Wakil Presiden (Wapres), KH Ma'ruf Amin Saat Menyerahkan Penghargaan Anugerah Adinata Syariah 2023 di Jakarta, Jumat (26/5/2023)
Wakil Presiden (Wapres), KH Ma'ruf Amin Saat Menyerahkan Penghargaan Anugerah Adinata Syariah 2023 di Jakarta, Jumat (26/5/2023)


MoeslimChoice.com. Pangsa aktivitas usaha syariah tahun 2022 mencapai 45,66% terhadap perekonomian Nasional, meningkat 3,45% dibandingkan tahun 2021.

Meskipun demikian, implementasi program ekonomi syariah dan partisipasi berbagai elemen masyarakat hingga ke tingkat daerah harus terus menjadi prioritas, tidak hanya di tingkat pusat.

"Peran para pemimpin daerah, utamanya di tingkat provinsi, menjadi sangat krusial untuk mengarahkan kebijakan pembangunan ekonomi yang dapat menggali dan mengoptimalkan tiap sektor unggulan ekonomi syariah," kata Wakil Presiden (Wapres), KH. Ma'ruf Amin, pada acara Anugerah Adinata Syariah 2023, di Kantor Pusat Bank Syariah Indonesia (BSI), Gedung The Tower, Jalan Gatot Subroto No. 27, Jakarta Selatan, seperti dilansir dari wapresri, Jumat (26/5/2023).

Baca Juga: Capai Indeks Kepuasan Masyarakat Terbaik, 5 KUA Ini Dapat Apresiasi

Dalam acara pemberian penghargaan kepada pemerintah daerah di Indonesia tersebut, Wapres memberikan 4 arahan tentang pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di daerah.

"Pertama, para Kepala Daerah agar memberikan dukungan berkelanjutan seoptimal mungkin, termasuk bagaimana program ekonomi syariah dapat masuk dalam kerangka perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah," tambah Wapres.

Yang kedua, kata Wapres, sinergi dan keselarasan berbagai program pusat dan daerah harus lebih diperkuat.

Baca Juga: Konser Coldplay Berdampak Positif, Menparekraf Sebut 90 Persen Hotel di Kawasan GBK Telah Terpenuhi

"KNEKS selaku akselerator dan penyelaras pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di tingkat pusat, agar segera menindaklanjuti," ungkapnya.

Kemudian yang ketiga, Wapres meminta agar penghargaan ini dijadikan rujukan untuk berbagi pengalaman sukses dalam pengembangan ekonomi syariah di berbagai daerah.

"Penghargaan ini agar dijadikan sebagai referensi kinerja, pemacu semangat, maupun pertukaran inspirasi dan praktik-praktik baik di berbagai daerah," ungkap Wapres.

Baca Juga: Muslim Edufest 2023 Siap Digelar Agustus, Hadirkan Ratusan Lembaga Pendidikan Islam Dunia

Terakhir, atau keempat, Wapres mengajak para peserta yang hadir mengikuti kegiatan ini sebagai upaya konkret untuk memperluas diseminasi informasi dan peningkatan literasi, termasuk potensi daerah dan kontribusi ekonomi syariah terhadap pembangunan Nasional.

"Harapannya, akan mengundang partisipasi lebih banyak pemangku kepentingan dan masyarakat Indonesia dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah ke depan," pungkas Wapres.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Keuangan, sekaligus Sekretaris Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Sri Mulyani, juga mengatakan, Indonesia sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar, memiliki kesempatan membuat ekosistem yang Islami, tetapi juga harus mampu berkinerja yang menjawab tantangan zaman.

Halaman:

Editor: Melati Tagore

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X