• Minggu, 5 Februari 2023

Inilah Sejumlah Dalil tentang Kemuliaan Bulan Rajab

- Rabu, 25 Januari 2023 | 07:00 WIB
foto/net
foto/net

MoeslimChoice. Umat Islam telah memasuki bulan Rajab 1444 H. Bulan Rajab atau bulan ke tujuh dalam Kalender Islam (Hijriah/Qamariah) jatuh pada Senin, 23 Januari 2023. Bulan Rajab adalah di antara bulan istimewa, sehingga sudah selayaknya disambut dengan suka cita. Apalagi kurnia tersebut ditambah dengan diberikan umur panjang sehingga bisa sampai di bulan Ramadhan.

 
Di antara bulan-bulan Hijriah yang sangat dimuliakan dalam Islam. Allah mendedikasikan bulan ini sebagai bulan agung dan mulia, agar umat Islam bisa mengambil manfaat dan kemuliaan yang ada di dalamnya, sebagaimana firman-Nya dalam Al-Quran berikut ini: 


 Ø¥ÙÙ†Ù‘ÙŽ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِندَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْراً فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ

Artinya: Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. (surat At-Taubah ayat: 36).

Syekh Wahbah bin Musthafa Az-Zuhaili dalam tafsirnya menjelaskan, bahwa Allah memberikan khabar kepada manusia tentang adanya 12 bulan dalam satu tahun. Hanya saja, terdapat 4 bulan yang sangat Allah muliakan di dalamnya, yaitu; (1) Dzulqa'dah; (2) Dzulhijjah; (3) Muharram; dan (4) Rajab. 

Selain dikenal sebagai bulan mulia dan agung, 4 bulan tersebut juga memiliki nilai-nilai sakralitas yang tidak ada pada bulan-bulan yang lain. Bentuk-bentuk pemuliaan pada bulan tersebut adalah semua pahala ketaatan oleh Allah dilipatgandakan, begitu juga dengan kemaksiatan. 

Maka, barang siapa yang melakukan ketaatan atau kemaksiatan pada bulan tersebut, balasannya lebih banyak daripada bulan yang lain. (Syekh Wahbah Zuhaili, Tafsir al-Munir fil Aqidati was Syari'ati wal Manhaji, [Damaskus, Beirut, Darul Fikr], juz X, halaman: 198).

Berikut ini dijelaskan beberapa pendapat para ulama perihal nama lain dari bulan Rajab, serta alasan dibalik penamaan bulan Rajab. Dengannya, kita akan tahu sejarah dan kejadian yang ada di dalamnya.

 
Nama Lain Bulan Rajab

Halaman:

Editor: Melati

Terkini

Inilah 9 Nasihat Imam Al-Ghazali untuk Orang Kaya

Jumat, 3 Februari 2023 | 23:26 WIB

Umar bin Khattab, Sang Jago Gulat di Masa Jahiliah

Rabu, 1 Februari 2023 | 06:45 WIB
X