• Minggu, 5 Februari 2023

Begini Cara Zaskia Adya Mecca Tangani Anak Sakit Saat Kemenkes Larang Obat Sirup

- Minggu, 4 Desember 2022 | 09:10 WIB
Net
Net

MoeslimChoice.Kasus gagal ginjal pada anak membuat kebanyakan orang tua merasa takut, sama halnya dengan Zaskia Adya Mecca mengaku khawatir. 

Mirisnya kata istri Hanung Bramantyo itu, selama menunggu pengumuman daftar obat sirup yang aman digunakan, salah satu dari enam anaknya kedapatan sakit sehingga ia cukup kebingungan.

"Waktu obat itu tegang banget, di tengah-tengah nunggu list obat yang aman, pastinya anak nggak sehat-sehat aja, anakku kena batuk pilek juga," ujar Zaskia dalam acara Cessa Natural Essential Oil for Baby and Kids di IMBEX BAZAAR, JCC, Jakarta Selatan, Jumat (2/12/2022).

Setelah pemeran film Kiamat Sudah Dekat itu dilanda kebingungan menggunakan obat sirup anak. Hasilnya, Zaskia pilih menggunakan essential oil atau minyak esensial untuk anak yang dikhusus yang disesuaikan kondisi anak tertentu.

"Ini apa yang harus aku lakukan, alhamdulillah kenal esensial oil udah lama, teman-temanku yang follow, nanya ke aku stok esensial oil gak, soalnya obat lagi pada takut nih," terang Zaskia.

Esensial oil Cessa yang digunakan selaiknya esensial orang dewasa, bisa disesuaikan untuk kondisi tertentu seperti demam, batuk pilek, kembung, pernapasan hingga menghindari gigitan nyamuk. Ini karena umumnya minyak esensial mengandung lavender, jeruk, peppermint, lemon, biji anggur dan sebagainya. 

Perlu diketahui, esensial oil bekerja di kulit tubuh dan masuk ke tubuh melalui aroma yang menenangkan, sehingga tidak perlu memaksa ginjal anak bekerja keras menyaring obat yang diberikan.

"Jadi bagi aku obat itu adalah jalan terakhir, kasihan kan ginjalnya bekerja keras," ungkap Zaskia.

Sekedar informasi, beberapa waktu lalu Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melarang penggunaan obat sirup karena berlebihan tercemar etilen glikol dan dietilen glikol, penyebab gagal ginjal akut pada anak. [Irm]

Halaman:

Editor: Irma

Terkini

Inilah 9 Nasihat Imam Al-Ghazali untuk Orang Kaya

Jumat, 3 Februari 2023 | 23:26 WIB

Umar bin Khattab, Sang Jago Gulat di Masa Jahiliah

Rabu, 1 Februari 2023 | 06:45 WIB
X