• Minggu, 5 Februari 2023

Bolehkah Sujud Syukur di Lapangan?

- Rabu, 30 November 2022 | 06:40 WIB
Net
Net

MoeslimChoice.Pesepak bola muslim melakukan sujud syukur usai timnya mencetak angka di musim Piala Dunia 2022. Biasanya, sujud syukur itu langsung dilakukan di lapangan.

Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

Berkenaan dengan hal itu, para ulama yang dikutip dari laman Bimas Kemenag RI berpendapat sujud syukur di lapangan yang dilakukan oleh para pemain bola diperbolehkan. Utamanya, hal itu untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT.

Menurut Sayyid Sabiq dalam buku Fiqh Sunnah, sujud syukur juga diperbolehkan tanpa didahului dengan berwudhu. Ia berpendapat, tidak ada informasi yang menjelaskan detail terkait keadaan Rasulullah SAW saat melakukan sujud syukur.

Dalam salah satu riwayat hadits dari Abdurrahman bin Auf, ia berkata:

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ قَالَ خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَاتَّبَعْتُهُ حَتَّى دَخَلَ نَخْلًا فَسَجَدَ فَأَطَالَ السُّجُودَ حَتَّى خِفْتُ أَوْ خَشِيتُ أَنْ يَكُونَ اللَّهُ قَدْ تَوَفَّاهُ أَوْ قَبَضَهُ قَالَ فَجِئْتُ أَنْظُرُ فَرَفَعَ رَأْسَهُ فَقَالَ مَا لَكَ يَا عَبْدَ الرَّحْمَنِ قَالَ فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لَهُ فَقَالَ إِنَّ جِبْرِيلَ عَلَيْهِ السَّلَام قَالَ لِي أَلَا أُبَشِّرُكَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ لَكَ مَنْ صَلَّى عَلَيْكَ صَلَّيْتُ عَلَيْهِ وَمَنْ سَلَّمَ عَلَيْكَ سَلَّمْتُ عَلَيْهِ فَسَجَدتُ لله شُكرًا (رواه أحمد)

Artinya: dari [Abdurrahman bin Auf] berkata: Suatu ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam keluar kemudian aku mengikuti beliau, ketika beliau masuk ke kebun kurma, beliau bersujud dengan memanjangkannya sehingga membuatku takut atau khawatir jika Allah mewafatkan atau mencabut ruhnya. Maka aku mendekati beliau dan memperhatikannya, tiba-tiba beliau mengangkat kepalanya, lalu bertanya: "ada apa denganmu wahai Abdurrahman?" saya pun menerangkan hal itu kepada beliau, dan beliau menjawab: "Jibril 'Alaihiis salam berkata kepadaku: 'Apakah kamu mau aku sampaikan kabar gembira kepadamu, sesungguhnya Allah 'azza wajalla berfirman kepadamu: 'Barangsiapa bershalawat kepadamu, niscaya Aku akan bershalawat kepadanya, dan barangsiapa yang mengucapkan salam kepadamu niscaya aku akan mengucapkan salam kepadanya. Maka aku bersujud untuk bersyukur kepada Allah." (HR. Ahmad).

Terkait ketentuan menutup aurat, mengingat pakaian pemain sepakbola memiliki aturannya tersendiri dan membuat beberapa bagian aurat terbuka, hal ini dijelaskan oleh Mazhab Syafi'i dan Hambali.

Menurut kedua mazhab ini, memakai pakaian seadanya yang menampakkan aurat bukan merupakan ketentuan sujud syukur. Sebagaimana dikutip dari buku Seri Fiqih Kehidupan 3: Shalat karya Ahmad Sarwat.

Halaman:

Editor: Irma

Terkini

Inilah 9 Nasihat Imam Al-Ghazali untuk Orang Kaya

Jumat, 3 Februari 2023 | 23:26 WIB

Umar bin Khattab, Sang Jago Gulat di Masa Jahiliah

Rabu, 1 Februari 2023 | 06:45 WIB
X